• Education
  • Learning Methods

10 Manfaat PAUD Bagi Buah Hati Anda

| Written by Squlio

Pro kontra seputar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) masih terus bergulir. Meski demikian, berbagai penelitian telah menemukan bahwa PAUD memang terbukti mampu memberikan nilai positif bagi anak. Lalu, apa saja manfaat PAUD bagi anak?

ketahui manfaat PAUD untuk masa depan buah hati Anda
©Squarespace

Parents, di artikel sebelumnya “Apa Itu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini?” kita telah membahas mengenai seluk beluknya. Pada dasarnya, pendidikan anak usia dini memiliki fungsi utama mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik (motorik kasar dan halus), sosial dan emosional. Sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut, Kemendikbud mulai tahun 2016 telah mewajibkan siswa mengikuti PAUD, yakni TK (Taman Kanak-kanak) dan kelompok bermain (playgroup) sebelum masuk SD (sekolah dasar).

Peraturan pemerintah tersebut semata-mata bertujuan agar anak siap memasuki lingkungan sekolah. Mengapa demikian? Ini karena lingkungan sekolah sangat berbeda dengan lingkungan keluarga. Jika di rumah buah hati Anda memiliki lingkungan sosial yang terbatas pada orang tua, saudara, dan anggota keluarga lainnya, maka saat di sekolah ia akan menghadapi lebih banyak orang dengan lebih banyak karakter yang berbeda-beda. Itulah sebabnya, sebelum memasuki jenjang sekolah dasar, anak perlu diberikan persiapan sebelumnya. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki kesiapan yang baik untuk masuk sekolah akan lebih mudah beradaptasi, sehingga mengurangi rasa stres yang mungkin mereka alami.

Manfaat PAUD Untuk Anak

Usia dini adalah masa emas (golden age) bagi perkembangan setiap anak. Karena itu, pendidikan yang didapat anak dalam fase ini menjadi salah satu dasar pembentukan karakter serta kepribadiannya. Pendidikan anak usia dini yang ditujukan untuk mengembangkan potensinya sesuai dengan periode tumbuh kembangnya akan menghasilkan anak yang cerdas dan berkarakter. Dan, salah satu ciri anak usia 0-6 tahun yang sehat dan cerdas adalah semangat untuk bermain dan berinteraksi, dan melalui PAUD atau preschool sebagai wadahnya maka kebutuhan fasilitas untuk bermain dan berinteraksi pun dapat terpenuhi.

Berikut ini adalah berbagai manfaat PAUD untuk anak dalam berbagai aspek, mulai dari kecerdasan intelektual hingga kecerdasan emosional.

1. Membantu Perkembangan Otak Anak

Pertumbuhan dan perkembangan otak manusia sebagian besar terjadi saat usia balita. Bahkan, pembentukan struktur otak pada anak usia 5 tahun mencapai hingga 90% dari ukuran otak saat dewasa nanti. Itulah sebabnyak, tahun-tahun pertama kehidupan anak merupakan masa kritis bagi perkembangan anak. PAUD akan memberikan dukungan untuk perkembangan otak anak di masa-masa kritis ini.

Pengalaman-pengalaman yang didapatkan oleh anak di masa-masa ini akan memberikan efek jangka panjang untuk masa depan anak, seperti aktivitas bermain sekaligus praktik sosialisasi sederhana melalui pertemanan, pengenalan berkelompok, pengenalan kesadaran lingkungan, yang tentunya diterapkan secara simultan dengan dukungan aktivitas sensorik serta motorik.

2. Mencapai Tumbuh Kembang Optimal

Ada banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat PAUD bagi tumbuh kembang anak. Selain dinilai mampu membentuk anak yang lebih cerdas dan berarakter, didapatkan bukti bahwa kemampuan sosialisasi anak akan meningkat dengan mengikuti PAUD. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa perkembangan motorik kasar anak yang mengikuti PAUD jauh lebih baik daripada yang tidak

3. Meningkatkan Prestasi Akademik

Salah satu karakteristik dari anak usia prasekolah umumnya adalah rasa ingin tahunya yang tinggi. PAUD dapat berfungsi sebagai media untuk memenuhi rasa ingin tahu anak melalui kegiatan bermain dan belajar. Tentu saja ini akan memberikan efek positif pada performa akademisnya kelak.

Hal ini juga dikuatkan oleh beberapa penelitian di mana anak-anak yang masuk ke preschool ternyata jarang mengulang pelajaran dan memiliki tingkat kelulusan yang lebih tinggi pada jenjang sekolah berikutnya.Terjawabnya rasa ingin tahu anak melalui PAUD juga akan mendorong mereka untuk terus bersemangat belajar semenjak dini.

Di samping itu, PAUD juga mampu menanamkan nilai-nilai kesadaran kompetisi yang positif pada anak, dan juga pentingnya pendidikan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan kesiapan anak untuk bersekolah. Misalnya, mampu untuk belajar mandiri, tingkat keterbacaan lebih baik, dan pemahaman dasar matematika.

4. Memberikan Aktivitas Harian yang Terstruktur

Umumnya, kegiatan anak-anak di rumah tidak memiliki jadwal yang pasti. Nah, salah satu manfaat PAUD di sinilah adalah memberikan anak aktivitas rutin yang lebih terstruktur namun tetap menyenangkan karena anak akan belajar sambil bermain. Ini karena di PAUD, anak akan mengikuti kurikulum yang ada, mulai dari aktivitas fisik seperti berlatih keseimbangan, berlari, berayun adalah beberapa keterampilan fisik yang perlu anak pelajari selama proses tumbuh kembangnya. Pengenalan terhadap musik sejak dini juga akan memberikan pengalaman kognitif lebih lanjut pada anak.

5. Mendukung Perkembangan Sosial Emosional Anak

Dengan mengikuti PAUD, mau tidak mau anak akan belajar berinteraksi dan bekerja sama dengan teman-temannya, serta mengikuti aturan-aturan tertentu. Memahami aturan dan berinteraksi dengan lebih banyak orang akan membantu anak lebih siap menghadapi dunia yang lebih luas. Anak akan belajar bagaimana cara berinteraksi dengan tepat dan efektif dalam lingkungan sosial yang luas cakupannya. Tentunya ini akan mendukung perkembangan sosial dan emosional anak.

6. Membiasakan Anak Menjadi Disiplin

Meski memiliki konsep belajar sambil bermain, anak-anak di PAUD tetap harus mengikuti aturan tertentu. Misalnya, belajar untuk bersabar dalam antrian, mengikuti perintah guru untuk bergiliran dan masih banyak lagi hal lainnya yang mengajarkan anak untuk menjadi disiplin dan menaati aturan. Itu semua adalah hal yang mungkin tidak akan ia peroleh di lingkungan rumah dan keluarga besarnya.

7. Memperkenalkan Anak untuk Belajar Membaca, Menulis, dan Berhitung

Meskipun di rumah orang tua tetap bisa memperkenalkan dan mempersiapkan anak untuk belajar membaca, akan tetapi anak akan lebih bersemangat ketika belajar bersama teman-teman sebayanya. Pengenalan pada pelajaran menulis, membaca dan berhitung secara menyenangkan merupakan salah satu manfaat PAUD yang sangat besar. Anak akan belajar menghubungkan titik-titik, menebalkan garis putus yang membentuk angka dan huruf, atau malah berlatih menulis huruf dan angkanya sendiri. Kegiatan ini juga akan mendorong anak untuk mempersiapkan diri masuk ke jenjang sekolah lebih tinggi.

8. Mendorong Anak untuk Gemar Membaca

Buku adalah jendela dunia. Sayangnya, minat baca generasi muda saat ini kian menurun. Masalah membaca adalah salah satu konsen utama para pendidik, baik orang tua maupun guru. Dengan mengikuti PAUD, anak akan diasah ketrampilan membacanya, sekaligus menumbuhkan minatnya dengan cara yang menyenangkan. Contohnya adalah menyusun alfabet di pohon huruf, bermain flashcard huruf bersama teman, menyusun puzzle, bernyanyi, juga mendengarkan dongeng.

9. Membuat Anak Lebih Percaya Diri

Anak-anak yang memiliki konsep diri yang kuat dimulai dari tumbuhnya kepercayaan diri yang tinggi. Ini sangat penting untuk membentuk karakternya saat dewasa nanti. Anak usia prasekolah sangat membutuhkan bimbingan untuk membangun kepercayaan diri dan konsep diri mereka. Oleh karena itu, di PAUD, anak-anak dapat mengembangkan rasa percaya diri mereka, karena guru-guru mereka akan menghargai apa pun hasil pekerjaan anak atau mampu memberikan saran dengan cara yang lebih positif. Penghargaan dalam bentuk verbal serta sering dilakukan akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

10. Mempersiapkan Anak ke Jenjang Sekolah yang Lebih Tinggi

Pada prinsipnya, PAUD bertujuan untuk membantu mempersiapkan anak untuk melanjutkan ke tahapan pendidikan formal berikutnya. Kebiasaan di sekolah, keteraturan waktu beraktivitas, juga kemandirian dalam memenuhi kebutuhannya, membuat anak lebih siap menghadapi tantangan ke depannya. Dan, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa anak-anak yang memiliki kesiapan lebih baik untuk bersekolah mampu beradaptasi dengan lebih baik.

Terlepas dari semua pro dan kontra yang ada, manfaat PAUD untuk anak sangatlah besar bagi masa depannya nanti. Jadi, sudah siap untuk memasukkan buah hati Anda ke PAUD atau preschool, Parents?