• Family
  • Health Guidance

5 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk Anak

| Written by Squlio

Moms mungkin sudah sangat familiar dengan salah satu suplemen anak yang dikenal dengan minyak hati ikan kod. Banyak ibu yang memberikan minyak hati ikan kod untuk buah hatinya karena suplemen ini dipercaya dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebenarnya, apa sih manfaat minyak hati ikan kod untuk anak itu? Dan apakah memang buah hati Anda perlu diberikan suplemen ini?

apa sih manfaat minyak hati ikan kod untuk anak
©All Healthy News

Minyak hati ikan kod merupakan minyak yang diekstraksi dari hati ikan kod. Selama ini, minyak hati ikan kod telah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan anak karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Apa saja manfaat minyak hati ikan kod untuk anak? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Membantu Perkembangan Otak

Minyak hati ikan kod memiliki kandungan Omega-3 (EPA dan DHA) yang tinggi. Nutrisi penting ini mampu menunjang pertumbuhan sel-sel otak dan saraf yang merupakan dasar kecerdasan anak. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi minyak hati ikan kod ini untuk mendukung perkembangan otak janin yang dikandungnya. Bahkan, ada penelitian yang menyatakan bahwa anak usia 4 tahun yang ibunya mengonsumsi makanan kaya asam lemak Omega-3 selama trimester ketiga dan bulan-bulan pertama setelah melahirkan menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif dan kecerdasan. Hanya saja, Moms perlu ingat bahwa kecerdasan anak pun sangat ditentukan oleh faktor lainnya seperti stimulasi, kesehatan, dan sebagainya.

2. Melindungi Mata

Minyak ikan kod juga kaya akan vitamin A yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel serta menjaga kesehatan mata, jantung, paru-paru, dan ginjal. Vitamin A yang terkandung dalam minyak hati ikan kod juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan mata. Selain vitamin A, kandungan Omega-3 yang tinggi dalam minyak hati ikan kod juga dapat membantu menjaga aliran darah ke mata tetap lancar sehingga penglihatan anak pun tetap sehat.

3. Meningkatkan Imunitas

Minyak hati ikan kod juga dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh anak sehingga anak tidak mudah sakit. Kandungan vitamin A dalam minyak hati ikan kod dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition tahun 2010 juga melaporkan bahwa minyak hati ikan kod dapat mengurangi risiko penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

4. Mencegah Kelainan Tulang

Tak hanya kaya akan vitamin A, minyak hati ikan kod pun mengandung vitamin D yang tinggi. Vitamin D sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak karena dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium untuk membentuk tulang yang kuat. Kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan rakitis, yang menyebabkan tulang gagal untuk melakukan proses mineralisasi. Hal ini membuat tulang menjadi lunak dan bentuk tulang mengalami kelainan. Nah, minyak hati ikan kod yang kaya akan vitamin D dapat membantu mencegah penyakit ini, Moms.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Omega-3 merupakan lemak baik yang telah lama dikenal sebagai nutrisi penting untuk melindungi kesehatan jantung. Asam lemak Omega-3 yang banyak terdapat dalam minyak hati ikan kod merupakan asam lemak tidak jenuh yang dapat melindungi jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida. Selain untuk kesehatan jantung, asam lemak dalam minyak ikan kod juga dapat mendukung perkembangan otak dan sistem saraf anak.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat minyak hati ikan kod, mungkin Moms akan merasa perlu memberikan suplemen ini untuk buah hati. Namun ingat bahwa anak juga membutuhkan berbagai macam nutrisi lainnya, sehingga Moms tetap perlu memberikan berbagai jenis makanan sehat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya sekaligus menjaga kesehatan tubuhnya.