• Education
  • Insight & Tips

5 Tips Memilih Preschool untuk Buah Hati Anda

| Written by Squlio

Parents, apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk memasukkan buah hati Anda ke preschool? Apa yang harus Anda lakukan untuk memilih preschool terbaik? Simak 5 tips memilih preschool di bawah ini!

tips memilih preschool yang tepat untuk buah hati Anda
© Geist Orchard

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa anak yang mengenyam pendidikan di preschool memiliki beberapa keunggulan, di antaranya menunjukkan prestasi yang lebih baik, lebih mudah untuk mencari pekerjaan, serta tidak terlibat narkoba maupun tindak kriminal saat usia dewasa. Oleh karena itu, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memasukkan anak Anda ke preschool, ini adalah keputusan yang tepat, Parents.

Berikut ini ada 5 tips memilih preschool yang tepat untuk buah hati tercinta Anda.

1. Pastikan Kompetensi Utamanya ABC dan 123

Kemampuan membaca seorang anak bisa digunakan untuk memprediksi keberhasilannya kelak. Dan, preschool yang baik tentulah yang mengajarkan dasar membaca dan menghitung, seperti dengan memperkenalkan ABC dan seterusnya serta 123 dan seterusnya.

2. Ketahui Bagaimana Sistem Bermainnya

Sebagian orang berpendapat bahwa mengajarkan anak usia dini untuk membaca dan berhitung bisa membuat anak menjadi jenuh karena mereka kehilangan waktu untuk bermain. Nah, preschool yang baik adalah yang mampu mengombinasikan antara belajar dan bermain dengan baik.

3. Tanyakan Apakah Siswa Bisa Memilih Kegiatan Sendiri

Sebuah survei menunjukkan bahwa ternyata anak yang pernah belajar di preschool yang boleh memilih sendiri kegiatannya rata-rata memiliki penghasilan yang tinggi dibanding yang tidak di masa depannya. Selain itu, mereka juga lebih mampu dalam bersosialisasi daripada yang dulunya mereka selalu didikte harus melakukan apa.

4. Pilih yang Bersuasana Nyaman untuk Anak

Suasana lingkungan belajar di preschool sangat berpengaruh pada perkembangan anak. Untuk itu, carilah preschool yang memiliki suasana seperti di rumah, sehingga buah hati Anda merasa nyaman dan bisa belajar dengan lebih baik.

5. Lihat Bagaimana Hubungan Siswa dengan Guru

Hubungan antara siswa dan guru sudah terbukti mempengaruhi kemampuan kognitif seorang anak. Oleh karenya, Anda perlu mencari pengajar yang benar-benar bisa menciptakan hubungan yang baik dengan anak Anda dan mampu mentransfer ilmu kepada anak Anda dengan baik.

Memilih preschool yang tepat adalah salah satu langkah awal untuk mempersiapkan buah hati Anda menyongsong masa depannya. Semoga tips memilih preschool di atas bisa membantu ya, Parents.

Sumber: Vemale