• Parenting
  • Toddler Phase
  • Childhood Stage

Parents, Yuk Ajarkan 8 Life Skill Penting untuk Anak Ini!

| Written by Squlio

Moms dan Dads tentu menginginkan buah hati tumbuh menjadi anak yang pandai dan mampu menguasai banyak hal. Sayangnya, tak sedikit orang tua yang melupakan pentingnya mengajarkan life skill yang akan membantu anak untuk dapat bertahan dalam situasi sulit. Apa saja life skill penting untuk anak yang perlu Parents ajarkan di rumah?

yuk ajarkan life skill penting untuk anak ini
©HillCrest

Apa Itu Life Skill?

Tak jarang orang tua mengharapkan anak-anaknya akan belajar segala sesuatu dari sekolah. Akan tetapi, meski sekolah memang berperan untuk mendidik anak, ada beberapa ketrampilan tertentu yang perlu diajarkan oleh orang tua dan akan terus berkembang selama bertahun-tahun. Skill ini akan membantu anak untuk bertahan dalam keadaan darurat, terutama saat dewasa nanti.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan life skill itu? Menurut definisi WHO, life skill atau ketrampilan hidup adalah kemampuan untuk berperilaku yang adaptif dan positif, ketrampilan seni menejemen diri, kemampuan, yang membuat seseorang dapat menyelesaikan kebutuhan dan tantangan sehari-hari dengan efektif. Ini artinya, life skill penting untuk anak berorientasi untuk membentuk anak menjadi mandiri serta mampu mengembangkan diri. Nah, kini tugas Moms dan Dads adalah membekali buah hati dengan life skill penting berikut ini.

8 Life Skill Penting untuk Anak

1. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan di sini bukan hanya berupa kebersihan diri anak sendiri melainkan juga kebersihan rumah. Terkadang orang tua enggan mengajarkan anak untuk melakukan pekerjaan rumah dengan alasan usia mereka yang masih terlalu dini. Padahal, di sinilah letak penanaman dasar mengajarkan kemandirian, rasa tanggung jawab, kerapian dan keteraturan.

Maka Parents perlu mulai mengajarkan, memberi contoh, dan mengajak buah hati Anda untuk melakukan kebiasaan menjaga kebersihan diri sendiri seperti mandi 2 kali sehari, mencuci tangan sebelum makan, dan menjaga kebersihan rumah seperti membuang sampah pada tempatnya, merapikan tempat tidur, merapikan mainan, membantu membersihkan rumah, mencuci baju, mencuci piring, dan sebagainya.

2. P3K

Anak-anak cenderung sering mengalami cedera atau terluka saat tengah bermain. Untuk itulah, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan atau P3K juga menjadi salah satu life skill penting untuk anak agar mereka mampu mengatasi situasi saat dirinya atau temannya mengalami cedera atau kondisi darurat lainnya.

3. Memasak

Parents perlu menyadari pentingnya anak, baik laki-laki maupun perempuan, untuk dapat memasak. Selain agar anak mampu membuat makanannya sendiri saat Moms sedang tidak ada, memasak juga akan menumbuhkan sikap makan yang baik dan pola makan yang sehat.

4. Memperbaiki Barang

Manfaatkanlah rasa ingin tahu anak yang sangat besar untuk mengajarkannya cara memperbaiki berbagai barang yang digunakan sehari-hari secara sederhana. Ini sangat penting agar anak tidak terlalu bergantung pada orang lain untuk mengurus kebutuhannya sendiri. Hanya saja, Parents harus selalu mengingatkan perlunya menjaga keselamatan saat bekerja.

5. Bertahan di Alam

Kegiatan berkemah atau kemping sebenarnya sangat baik untuk melatih anak bagaimana cara mengatasi rintangan alam yang sulit sekaligus menumbuhan rasa percaya diri dan kemandirian anak. Dalam kegiatan ini anak bisa diajarkan bagaimana membuat tempat berteduh, memasak di atas api unggun, dan melewati berbagai rintangan lainnya yang bisa saja dialami anak saat berada di alam bebas.

6. Bela Diri

Meskipun kita selalu ingin melindungi buah hati, tidak bisa dipungkiri bahwa akan ada masa di mana anak harus melindungi dirinya sendiri. Untuk life skill yang satu ini, Parents bisa mengembangkannya dengan mengikutkan anak dalam kursus bela diri misalnya.

7. Mengatur Uang

Selain mengajarkan anak untuk menabung, Parents juga harus mengajarkan anak mengenai penting menghargai uang. Parents bisa melatih anak untuk mengatur keuangannya sendiri seperti dengan menghitung berapa banyak uang mereka yang mereka miliki, berapa yang bisa dibelanjakan, dan berapa yang perlu ditabung.

8. Mengatur Waktu

Life skill yang satu ini adalah salah satu yang terpenting untuk masa depan anak kelak. Untuk melatih anak mengatur waktunya dengan efektif, Parents bisa mengawalinya dengan memberikan rutinitas pada anak. Ajarkan anak untuk mengenali waktu untuk tidur, makan, mandi, sekolah, dan sebagainya. Dan jangan lupa, biasakan anak mengerjakan sesuatu dalam target waktu, misalnya makan harus selesai dalam 20 menit, bersiap-siap ke sekolah dalam 15 menit, dan seterusnya.

Lalu kapan Parents bisa mulai mengajarkan life skill penting untuk anak di atas? Sebenarnya Parents sudah bisa mengenalkan life skill di atas sedini mungkin, sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Misalnya di usia 2 tahun, anak sudah bisa memahami dan melakukan perintah yang diberikan, maka Parents sudah bisa mengajarkan anak untuk membersihkan rumah. Well, selamat mempelajari life skill di atas dengan buah hati Anda ya, Parents!