• Education
  • Learning Methods

Apa Itu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)?

| Written by Squlio

Kita sering mendengar istilah PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini. Tapi, sebenarnya apa sih PAUD itu, Parents? Apa tujuannya dan apa saja yang diajarkan di PAUD itu?

apa itu pendidikan anak usia dini (PAUD)
©Crème de la Crème

Belakangan ini, muncul banyak pro kontra dalam menyikapi perlu tidaknya pendidikan anak usia dini atau prasekolah (preschool) di masyarakat. Pendidikan prasekolah di Indonesia sendiri memang sudah mulai diwajibkan oleh pemerintah, melalui program PAUD. Berbagai preschool pun kian bermunculan untuk memfasilitasi pendidikan anak-anak yang sedang memasuki tahap golden age. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari dulu yuk Parents seluk beluk PAUD itu.

PAUD Sebagai Wujud Pemenuhan Hak Pendidikan Dasar Anak

Pada tahun 2003, pemerintah Indonesia mengeluarkan sebuah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menjamin hak atas “pendidikan dasar” bagi warga negara berusia 7 hingga 15 tahun. Namun, pendidikan untuk anak yang berusia di bawah 7 tahun tidak dimasukkan sebagai pendidikan dasar. Padahal, menurut Konvensi Anak yang disebut anak yaitu yang berusia 0-18 tahun, sehingga seharusnya istilah pendidikan dasar pun berlaku untuk anak usia 0-6 tahun. Itulah sebabnya, kemudian muncullah program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai salah satu pemenuhan hak pendidikan dasar sejak usia dini.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara perkembangan yang dialami anak pada usia dini dengan keberhasilan mereka dalam kehidupan selanjutnya. Misalnya, anak-anak yang hidup dalam lingkungan (baik di rumah maupun di playgroup atau TK) yang kaya interaksi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar akan terbiasa mendengarkan dan mengucapkan kata-kata dengan benar, sehingga ketika mereka masuk sekolah, mereka sudah mempunyai modal untuk membaca.

Selain itu, menurut UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB, pendidikan anak usia dini lebih dari sekedar persiapan untuk sekolah dasar. Ini bertujuan untuk pengembangan menyeluruh akan kebutuhan sosial, emosional, kognitif, dan fisik seorang anak.

Fungsi dan Tujuan PAUD

Pada dasarnya, pendidikan anak  usia dini memiliki fungsi utama mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik (motorik kasar dan halus), sosial dan emosional. Sehubungan dengan fungsi-fungsi yang telah dipaparkan tersebut, maka tujuan pendidikan anak usia dini dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya.
  2. Mengidentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi dini.
  3. Menyediakan pengalaman yang beranekaragam dan mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD).

Metode Belajar PAUD

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan anak usia dini mencakup 6 pertumbuhan dan perkembangan, mulai dari pendidikan moral, nilai keagamaan, fisik atau motorik, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Dalam Permendikbud tersebut, pendidikan anak usia dini harus diberikan melalui rangsangan pendidikan yang dilakukan oleh pendidik dalam kegiatan belajar melalui suasana bermain, yaitu kegiatan belajar anak yang dilakukan melalui suasana dan aneka kegiatan bermain.

Dengan menerapkan metode belajar sambil bermain tersebut, pendidikan anak usia dini tetap memenuhi hak anak untuk bermain namun sekaligus memenuhi haknya pula untuk mendapatkan pendidikan dasar.

Pendidikan anak usia dini atau prasekolah (preschool) merupakan salah satu tahapan penting dalam proses tumbuh kembang anak. Tak hanya untuk mempersiapkan buah hati Anda menuju jenjang pendidikan selanjutnya, namun juga untuk mengembangkan berbagai aspek kehidupan dan karakter anak.