• Education
  • Insight & Tips

Apa Sih Manfaat Les untuk Anak?

| Written by Squlio

Di masa sekarang ini, agenda harian anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar tak kalah padat dengan orang tuanya yang bekerja. Tak hanya sibuk di sekolah, anak pun disibukkan dengan berbagai macam les setelahnya. Sebenarnya, apa sih manfaat les untuk anak itu?

apa saja sih manfaat les untuk anak itu
©Design Umbra

Itulah gambaran bagaimana sibuknya sebagian anak di sebagian keluarga di kota metropolitan. Memang, ada banyak faktor yang membuat orang tua untuk memberikan  agenda tambahan untuk buah hatinya, salah satunya dengan mengikuti les. Entah itu les pelajaran maupun les non akademik lainnya.

Melihat fenomena ini, sebagian orang bertanya-tanya, apakah mengikuti les yang begitu banyak ini benar mampu memberikan hasil yang baik atau malah sebaliknya bagi perkembangan anak? Tentu saja ini tak bisa dijawab secara hitam-putih.

Apa Manfaat Les?

Menurut Gordon Dryden, bermain itu adalah jalur menuju otak. Menurutnya, ada enam jalur utama menuju otak: kelima indra (pandangan, pendengaran, peraba, pengecap, dan pembau) dan gerakan fisik. Pembelajaran motorik secara fisik akan membentuk dasar-dasar untuk segala proses belajar. Tanpa pembelajaran motorik, perkembangan otak si anak akan terhambat.

Hal ini pada dasarnya menandakan bahwa teorinya, anak-anak itu, terutama yang masih di bangku TK sampai kira-kira kelas empat SD, perlu mendapatkan kesempatan sebanyak mungkin untuk melakukan gerakan fisik.

Lalu, apakah ini berarti les tidak ada manfaatnya? Bukan begitu, Parents. Sebenarnya, justru ada banyak manfaat les itu, jika dipilih dan dilakukan dengan tepat. Manfaat les itu antara lain:

Sosialiasi

Untuk sosialisasi pergaulan yang relatif ada kontrol sosialnya dan termanage dengan jelas. Anak yang punya pergaulan luas akan lebih bagus ketimbang anak yang sedikit pergaulannya, apalagi kesepian di rumah karena kedua orangtuanya bekerja.

Penguasaan Pelajaran

Untuk menjembatani kesenjangan nilai akademik yang anjlok. Dengan mengikuti les pelajaran atau bimbingan belajar, anak akan memiliki penguasaan yang lebih bagus terhadap pelajaran.

Mengembangkan Potensi

Untuk mengembangkan potensi unggulan (bakat) yang dimiliki anak. Bakat anak itu ada yang bentuknya intelektual umum, akademik khusus, kreativitas dan produktivitas, kepemimpinan, seni dan visual, atau gerakan fisik. Dan, potensi itu tidak akan berubah menjadi prestasi tanpa aktualisasi. Mengikuti les bisa menjadi ruang aktualisasi bagi si anak.

Bekal Moral & Spiritual

Untuk memberikan materi spesifik yang sesuai dengan nilai-nilai keluarga, misalnya les privat bidang keagamaan, seperti les membaca Al-Qur’an bagi yang beragama Islam.

Kesimpulannya, ada banyak manfaat les untuk anak selama memang Moms dan Dads memperhatikan kondisi dan kebutuhan anak Anda. Pastikan pula agar jadwal si anak masih dalam batas yang wajar dan bisa ditolerir oleh anak Anda, agar manfaat les yang diikuti si anak bisa optimal.