• Family
  • Health Guidance

Apa Sih Manfaat Puasa untuk Anak?

| Written by Squlio

Dalam beberapa hari ke depan, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Ini artinya, bagi setiap umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Meski belum diwajibkan untuk berpuasa, namun mengajak buah hati kita untuk belajar puasa sejak dini ada manfaatnya lho, Parents. Apa saja sih manfaat puasa untuk anak itu?

apa sih manfaat puasa untuk anak itu
©HuffPost

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat puasa bagi tubuh manusia. Akan tetapi, apakah manfaat tersebut juga berlaku untuk anak-anak? Ternyata, jawabannya adalah ya. Selain mengajarkan nilai-nilai spiritual pada anak, mengajak anak untuk berlatih puasa sejak dini juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan fisik dan emosionalnya.

Manfaat Puasa untuk Anak dari Segi Kesehatan

Menurut pakar gizi, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, Sp.GK, berpuasa mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Berdasarkan penelitian, kadar limfosit atau sel imun tubuh akan mengalami peningkatkan saat puasa. Selain itu puasa juga dapat mencegah datangnya stres oksidatif pada tubuh anak sehingga mereka pun tidak akan mudah terkena inflamasi atau peradangan yang bisa memicu timbulnya penyakit.

Ada juga pakar nutrisi Emilia Achmadi, MS, RD yang mengungkapkan bahwa puasa memiliki banyak manfaat untuk anak-anak, khususnya dalam hal mengoptimalkan fungsi saluran cerna. Salah satunya adalah untuk memperbaiki sistem pencernaan anak. Menurutnya, puasa juga bisa membantu menghindarkan anak dari risiko obesitas, diabetes, dan gangguan kesehatan lainnya. Selain itu, puasa juga bisa membantu anak untuk membantu mengembalikan produksi enzim pencernaan agar bisa kembali maksimal. Mengembalikan fungsi optimal enzim pencernaan, secara tak langsung akan membantu memicu perbaikan semua masalah pencernaan yang mungkin dialami anak-anak, misalnya konstipasi, kembung, dan lain-lain.

Manfaat Puasa untuk Anak dari Segi Emosional

Tak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan secara fisik, berpuasa pun mampu memberikan manfaat untuk kesehatan mental alias emosional. Manfaat ini tak terbatas pada orang dewasa saja lho, Parents, karena anak-anak pun bisa menikmati manfaatnya. Puasa dapat mengajarkan anak untuk menjadi lebih sabar dan disiplin, karena mereka harus menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba. Jika terus dikembangkan, maka Parents bisa membentuk buah hati menjadi pribadi yang sabar dan disiplin dalam segala aktivitas sehari-hari.

Wah, ternyata manfaat puasa untuk anak banyak juga ya, Parents. Nah, sudah siap mengajak buah hati Anda untuk mulai belajar puasa? Simak tips mengenalkan dan mengajarkan puasa pada anak di artikel berikutnya ya, Parents!