• Family
  • Inspirations

Hafizh Bayhaqi, Pencipta Aplikasi Belajar Matematika yang Mendunia

| Written by Squlio

Meski masih berusia 10 tahun, Hafizh telah berhasil membuat aplikasi belajar matematika yang telah digunakan tak hanya di Indonesia tetapi juga negara-negara lain seperti Cina, Rusia, Jerman, hingga Belanda. Dengan bantuan sang ayah, Abdul Hakim, Hafizh berhasil membuat aplikasi mobile bernama Good Math untuk membantu anak-anak dalam mempelajari matematika dasar.

mengenal anak berprestasi pencipta aplikasi belajar matematika
┬ęCNN Indonesia

Good Math adalah aplikasi belajar matematika yang terbagi dalam 4 operasi yaitu pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, yang didesain layaknya sebuah permainan. Saat menggunakan aplikasi ini, anak diharuskan menjawab pertanyaan yang dilempar secara acak dengan level kesulitan berbeda. Jawaban pun cepat sebab ada batas waktu yang diberikan.

Sebelum meluncurkan Good Math ini, Hafizh sudah lebih dahulu meluncurkan 2 aplikasi sederhana yaitu Quiz Matematika yang merupakan aplikasi belajar matematika serupa Good Math namun lebih sederhana, dan Puzzle Kartini yang merupakan aplikasi game puzzle berwajah Kartini.

Hafizh yang menyenyam pendidikan rumahan atau homeschooling ini memang sudah dikenalkan oleh sang ayah pada matematika dan bahasa pemrograman sejak usia dini. Berkat sang ayah, Hafizh yang kini duduk di kelas 4 Sekolah Dasar (SD) ini pun sudah menguasai materi untuk anak yang duduk di kelas 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP) lho.

Dan, tanpa paksaan, pemilik nama lengkap Muhammad Hafizh Bayhaqi ini juga memiliki ketertarikan mendalam di bidang bahasa pemrograman. Lagi-lagi di sini sang ayah menjadi mentor. Namun, seiring dengan berkembangnya kemampuan coding Hafizh, sang ayah pun mencari guru lain untuk mengajarkan pemrograman dengan lebih mendalam pada Hafizh.

Akhirnya, melalui beberapa kenalan dan perlombaan yang diikuti, sang ayah membawa Hafizh ke kampus Bina Nusantara (Binus) dan menemui Felix Jingga, salah satu programmer ternama di Indonesia. Hafizh pun kini belajar di bawah bimbingan Felix secara berkala.

Diakui Hafizh bahwa dirinya membuat aplikasi belajar matematika ini untuk mewujudkan cita-citanya untuk membantu anak-anak seusianya agar tak bosan belajar matematika. Semoga aplikasi karya Hafizh ini bisa semakin banyak digunakan dan semakin banyak membantu anak-anak untuk belajar matematika dengan mudah dan menyenangkan ya.