• Education
  • Insight & Tips

Bagaimana Mengatasi Anak Mogok Sekolah?

| Written by Squlio

Saat buah hati mogok sekolah, mungkin Anda akan sangat khawatir. Namun, jangan panik dulu, Parents. Untuk menghadapi dan mengatasi anak mogok sekolah harus dilakukan dengan tenang agar tidak memperburuk keadaan.

tips untuk mengatasi anak mogok sekolah
┬ęBabySitting Academy

Sebuah penelitian menemukan bahwa satu dari lima anak pernah mogok sekolah setidaknya sekali sepanjang masa sekolahnya. Oleh karena itu, Moms tidak perlu khawatir secara berlebihan. Namun bukan berarti hal ini boleh dibiarkan begitu saja.

Ketika menghadapi anak yang mogok sekolah, mungkin Anda sebagai orang tua akan membujuknya dengan berbagai cara. Bahkan, tak jarang orang tua akan mengancam dan menakut-nakuti anak agar mau masuk sekolah. Akan tetapi, ancaman orang tua ini justru membuat anak semakin cemas dan semakin keras untuk menolak ke sekolah. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Tetap Tenang dan Jangan Memarahi Anak

Menghadapi anak yang mogok sekolah memang membuat frustasi. Namun, coba lupakan dulu rasa marah dan panik Anda. Fokuskan perhatian Anda pada jalan keluarnya. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap tenang, tidak memarahi anak, dan perlahan-lahan temukan penyebab anak tidak mau ke sekolah. Mungkin ada sesuatu yang membuat anak takut, tidak nyaman, atau lainnya.

Bicaralah pada Guru

Bicarakan perihal anak Anda pada guru di sekolahnya. Dari sini Anda mungkin akan menemukan penyebab anak mogok sekolah. Tak jarang anak mogok sekolah setelah ada sesuatu hal yang terjadi di sekolah, atau hanya sekedar tidak percaya diri saat harus tampil di depan kelas.

Ajak Anak Bicara dan Dengarkan

Carilah waktu dan suasana yang nyaman untuk berbicara dengan buah hati Anda. Tanyakan apakah ia memiliki kesulitan dalam pelajaran, atau mungkin ia sedang mengalami masalah dengan teman sekolahnya.

Berikan Motivasi

Anda bisa memberikan motivasi agar anak Anda mau pergi ke sekolah seperti dengan membawakannya bekal sekolah berupa makanan kesukaannya atau dengan mengatakan bahwa di sekolah ia akan bertemu dengan teman-teman dan bermain seru bersama.

Namun jika semua cara di atas sudah Anda lakukan dan kondisi mogok sekolah ini terjadi berlarut-larut, Anda mungkin perlu bertemu dengan ahli yang bisa membantu mengatasi anak mogok sekolah. Anda bisa menemui dokter anak untuk mengetahui apakah ada kemungkinan kondisi anak berhubungan dengan penyakit tertentu. Atau Anda juga bisa menemui psikolog untuk menemukan solusi yang tepat untuk membantu anak mengatasi kecemasannya dan mau bersekolah kembali.