• Parenting
  • Teenage Year

5 Pesan BNN untuk Cegah Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja

| Written by Squlio

Penyalahgunaan narkoba alias drug abuse semakin hari semakin mengkhawatirkan. Terutama bagi para orang tua yang memiliki buah hati yang berusia remaja. Untuk itu, BNN (Badan Narkotika Nasional) membagikan 5 cara yang bisa dilakukan oleh orang tua, keluarga, dan sekolah untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja kita.

tips mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja
©Paradigm Malibu

Hari ini, tanggal 26 Juni 2018, merupakan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI). Sebenarnya, peringatan ini disebut dengan International Day against Drug Abuse and Illicit Trafficking yang diperingati oleh PBB untuk melawan penyalahgunaan obat-obatan dan penjualan obat secara ilegal. Peringatan ini sudah dilakukan setiap tahunnya sejak 26 Juni 1988.

Cara Mencegah Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja

Dengan adanya peringatan ini, kita harusnya semakin waspada terhadap penyalahgunaan narkoba ini ya, Parents. Pasalnya, BNN menyatakan bahwa sebesar 27,32% dari jumlah pengguna narkoba di Indonesia berasal dari pelajar dan mahasiswa. Tak hanya itu, persentase tersebut mengalami pertambahan setiap tahunnya.

Tingginya angka penyalahgunaan narkotika dan bahan aditif di kalangan remaja atau generasi muda di Indonesia ini membuat pemerintah semakin gencar untuk melakukan upaya dan mengkampanyekan gerakan mencegah meluasnya penyebaran narkoba di kalangan remaja Indonesia. Nah, untuk itu BNN melalui situs resminya membagikan 5 tips untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja, seperti berikut ini.

1. Dukungan Orang Tua

Keluarga, terutama orang tua, harus senantiasa memberi dukungan moral yang positif dengan cara memberikan pemahaman yang baik tentang bahaya narkoba bagi masa depan mereka.

2. Dukungan Sekolah

Tak hanya orang tua, peran sekolah pun sangat besar dalam mencegah penyalahgunaan narkoba ini. Instansi pendidikan, baik pengajar maupun seluruh elemen yang terkait, harus turut memberikan penyuluhan akan dampak negatif narkoba bagi kecerdasan dan prestasi mereka.

3. Berikan Informasi Sedini Mungkin

Tak perlu menunggu anak menginjak usia remaja baru kita memberikan informasi tentang bahaya narkoba. Sebaiknya kita menanamkan tentang hal ini sedini mungkin, ketika anak sudah mulai memahami tentang hal baik dan buruk agar anak terlindung dari jerat narkoba nantinya.

4. Jangan Mengekang Anak

Meski takut anak terkontaminasi narkoba, namun mengekang kebebasan anak juga tidak serta merta menjadi jawaban. Jika dikekang, anak remaja akan cenderung melawan atau memberontak dan berujung pada pencarian pelampiasan. Kondisi ini yang membuat usia remaja menjadi semakin rentan. Memberikan informasi dan dukungan moral positif, serta mengarahkan ke hal-hal dan kegiatan positif adalah cara yang paling tepat.

5. Kembangkan Potensi Anak

Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja salah satunya bisa dilakukan dengan mengarahkan anak ke kegiatan-kegiatan yang lebih positif. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara mengembangkan potensi anak seoptimal mungkin. Berikan fasilitas bagi anak untuk mengembangkan minat dan bakatnya, entah dengan mengikuti kursus, komunitas, dan sebagainya.

Dan jangan lupa, Parents, tetap awasi dan arahkan anak-anak remaja kita, baik itu di sekolah maupun pergaulannya dengan teman-teman mereka. Karena salah satu penyebab mudahnya penyalahgunaan narkoba pada remaja berkembang adalah akibat pergaulan yang salah. Semoga bermanfaat, Parents.