• Education
  • Insight & Tips

8 Rekomendasi Channel Youtube Edukatif untuk Anak

| Written by Squlio

Youtube memang menjadi pilihan banyak orang tua sebagai sarana belajar sekaligus hiburan untuk buah hatinya. Ada banyak video yang bisa kita temukan di Youtube untuk membantu anak belajar, entah itu menyanyi, menari, berhitung, membaca, hingga memperluas wawasan dan pengetahuannya.  Untuk itu, Parents perlu menyimak rekomendasi channel Youtube edukatif untuk anak berikut ini.

simak rekomendasi channel youtube edukatif untuk anak berikut ini
©HuffPost

Salah satu tantangan besar bagi para orang tua milenial dalam mendidik buah hatinya saat ini adalah kemajuan teknologi. Sekarang ini, kita dapat dengan mudah mengakses Youtube untuk mencari dan menemukan berbagai video untuk membantu anak belajar sekaligus memberikan hiburan yang disukai anak.

Hanya saja, tidak semua video yang edukatif sekalipun sesuai dengan usia anak. Nah, untuk memastikan buah hati Anda mengakses video yang diperuntukkan bagi anak seusianya, berikut ini ada rekomendasi channel Youtube edukatif untuk anak yang bisa Parents pilih. Apa sajakah itu?

1. Make Me Genius

Channel ini berisi video seputar pengetahuan untuk anak-anak. Sebagian besar video di channel ini disajikan dalam bentuk animasi sehingga mudah dimengerti oleh anak-anak. Di sini anak bisa memahami berbagai kejadian sehari-hari seperti bagaimana makanan dicerna oleh tubuh, bagaimana konsep kerja dari cahaya, dan sebagainya. Dan, karena channel ini menggunakan bahasa Inggris, ini sekaligus juga bisa menjadi sarana yang efektif bagi anak untuk belajar bahasa asing.

2. Yeiy Animation

Channel ini menghadirkan serial animasi yang akan menjadi hiburan yang menyenangkan bagi anak-anak. Berbagai video yang sangat mendidik disajikan dalam konsep yang ceria dan menyenangkan sehingga membuat anak-anak mudah memahami pesannya.

3. WhizKid Science

Video di channel ini berisikan tutorial yang disampaikan langsung oleh seorang anak sehingga membuatnya lebih menarik bagi anak-anak. Ada macam-macam eksperimen sains yang bisa Parents tiru bersama buah hati di rumah karena bahan-bahan dan caranya sangat mudah ditemukan dan dipraktikkan.

4. Paman Apiq

Channel milik anak negeri yang satu ini berisi video belajar matematika yang asyik dan kreatif. Matematika seringkali menjadi pelajaran yang “ditakuti” oleh anak-anak, namun Paman Apiq membuat belajar matematika bisa menjadi lebih menyenangkan.

5. Yufid EDU

Channel yang dikenal dengan nama Yufid.EDU ini menyajikan konten pelajaran matematika, fisika, kimia, bahasa Arab, huruf Hijaiyah, Iqro, dan agama Islam. Di sini, peraih medali emas olimpiade fisika tingkat internasional tahun 2006, Andy Octavian Latief, akan memandu anak-anak dalam belajar matematika.

6. Ini Budi

Berbagai video dalam channel ini diperuntukkan untuk anak usia SD, SMP, dan SMA untuk mempermudah pemahaman pelajaran-pelajaran yang mereka terima di sekolah. Ada cara menghapal perkalian, serba serbi rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan, hingga penjelasan mengenai reproduksi wanita di channel ini.

7. DM Creative School

Buat Parents yang mencari ide aktivitas DIY  sederhana untuk anak, channel ini bisa menjadi sumber referensi Anda. Ada beberapa kategori yang bisa Parents pilih, mulai dari origami for kids, fruit carving for kids, paper craft ideas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Ruangguru

Ruangguru dikenal sebagai salah satu penyedia layanan dan konten pendidikan yang ada di Indonesia. Di channel Ruangguru, tersedia banyak konten video pembelajaran secara lengkap, mulai dari fisika, kimia, sejarah, dan sebagainya. Konten tersedia untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Bagaimana, Parents? Ternyata ada banyak pilihan channel Youtube edukatif untuk anak yang bisa Anda temukan bukan? Jangan lupa, selalu dampingi buah hati Anda saat mereka mengakses internet, termasuk saat membuka Youtube ya, Parents!