• Education
  • Big Ideas

Fredy Candra, Menginspirasi Dunia dengan Ajak 65 Gurunya ke Luar Negeri

| Written by Squlio

Nama Fredy Candra menjadi viral di media sosial sejak beberapa hari belakangan. Rupanya, ini berawal dari postingan di blog pribadi seorang kepala sekolah yang menyebut Fredy sebagai “Murid Gila”.

kisah inspiratif Fredy Candra yang mengajak mantan gurunya liburan ke luar negeri
©BBC

Postingan Sulikin, Kepala Sekolah SMAN 1 Pekalongan, yang kemudian menjadi viral itu bukan isapan jempol belaka. Bagaimana tidak? Fredy Candra, alumnus SMAN 1 Pekalongan tersebut telah memberangkatkan 65 mantan gurunya, mulai dari guru SD, SMP, dan SMA untuk berlibur ke Malaysia dan Singapura. Bahkan, semua biaya selama perjalanan pun ditanggung oleh sang “murid gila”. Mulai dari biaya pembuatan paspor bagi yang belum memiliki, tiket, transportasi, akomodasi, konsumsi, sampai uang saku, semua ditanggung oleh Fredy. Luar biasa ‘kan?

Kisah Fredy Candra ini sebenarnya bermula dari keinginannya saat ia masih duduk di bangku SMP, untuk mengajak para gurunya jalan-jalan ke luar negeri. Dan akhirnya, pada 19 September 2017 silam “mimpi” Fredy pun terwujud. Ke-65 mantan gurunya tersebut akhirnya berhasil ia berangkatkan untuk menikmati liburan ke negara tetangga selama 5 hari.

Alasan pengusaha kabel fiber optik ini melakukan semua ini tidak lain adalah sebagai bentuk terima kasih kepada para gurunya. Para guru yang telah mengabdikan lebih dari separuh usianya untuk mendidik dan mencetak anak-anak yang sukses dan berhasil. Fredy juga sangat salut pada dedikasi para guru yang telah mengabdi baik di kota, di daerah, dan daerah terpencil, dengan gaji pas-pasan. Menurut Fredy, itulah yang “gila”.

Menanggapi soal viralnya postingan Sulikin yang kemudian membuat nama Fredy Candra sebagai bahan pembicaraan akibat aksi “gila”-nya tersebut, Fredy pun angkat bicara. Melalui postingan status di akun Facebook miliknya, Fredy menulis:

“Saya harap saya cukup sebagai inspirasi saja dan tidak lebih, juga kiranya teman-teman di medsos tidak lagi membahas Fredy-nya. Dan saya ingin mengembalikan pujian teman-teman kepada yang lebih layak menerimanya yaitu Tuhan dan juga dalam hal ini guru-guru saya. Mudah-mudahan melalui postingan ini teman-teman bisa mengurangi pembicaraan mengenai saya, dan berbicara lebih mengenai kenangan atau sesuatu yang berkesan selama diajar oleh para guru, atau komentar saat guru berwisata. Intinya subyeknya adalah “THE TEACHERS” dan bukan saya.”

Very inspiring, Fredy Candra! Semoga lebih banyak lagi Fredy-Fredy lain yang memberikan apresiasi begitu besar pada pengabdian para pahlawan tanpa tanda jasa!