• Education
  • Big Ideas

Guru Sebagai Teladan dan Panutan untuk Membentuk Karakter Anak

| Written by Squlio

Peringatan Hari Guru Nasional pada tahun 2017 ini mengangkat tema Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru. Ini artinya, untuk membentuk karakter anak, guru haruslah menjadi teladan atau panutan yang baik.

guru merupakan teladan untuk membentuk karakter anak
©Liputan6

Pertanyaannya, bagi para guru, apakah Anda sudah menjadi teladan yang baik bagi anak didik Anda? Sedangkan bagi kita, apakah kita sudah memuliakan guru-guru kita yang telah mendidik dan membentuk karakter kita sehingga menjadi pribadi yang tangguh dan berhasil?

Seperti itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada tanggal 25 November 2017 kemarin.

Membentuk Karakter Anak dengan Menjadi Sumber Keteladanan

Menurut Mendikbud, tema HGN tahun 2017 tersebut berkaitan erat dengan implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Dalam Perpres tersebut, Presiden Joko Widodo mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok yang utama dalam satuan pendidikan. Guru harus dapat berperan sebagai tokoh penting atau panutan bagi peserta didiknya, dan guru harus menjadi sumber keteladanan.

Namun demikian, upaya guru untuk menjadi teladan dalam membentuk karakter anak harus pula diimbangi dengan peran orang tua yang optimal. Jika di sekolah anak akan menjadikan guru sebagai sumber keteladanan alias panutan mereka, maka di rumah Moms dan Dads adalah teladan dan panutan bagi mereka. Untuk itulah, pihak guru dan orang tua mestinya memiliki visi dan misi yang sama dalam proses membentuk karakter anak.

Peringati Hari Guru, Ini yang Dilakukan Para Siswa

Sebaliknya, dari pihak anak-anak sebagai siswa atau peserta didik, mereka pun ternyata tak mengabaikan peran guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa lho. Sebagai ucapan terima kasih mereka pada dedikasi para guru dalam mendidik mereka tanpa kenal lelah, inilah beberapa bentuk peringatan Hari Guru Nasional yang mereka lakukan.

Di SMPN 209 Jakarta, para siswa melakukan acara sungkeman dan membasuh kaki para guru . Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada guru yang selama ini mendidik para siswa, hingga memiliki karakter yang kuat.

Sedangkan di SMK Segara Wiyata Bekasi, para siswa memberikan bunga serta memberikan pijatan bagi para guru mereka sebagai ucapan terima kasih atas jasa-jasa para pengajar ini. Tentu saja, apa yang para siswa lakukan ini membuat para guru menjadi terharu, bahkan beberapa dari mereka ada yang sampai menitikkan air mata.

Apapun bentuk peringatannya, yang perlu kita ingat adalah bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Dan seperti tema HGN tahun ini, guru merupakan teladan dalam membentuk karakter anak. Selamat Hari Guru Nasional untuk semua guru di Indonesia!

Sumber: Liputan6