• Family
  • Health Guidance

7 Ikan untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

| Written by Squlio

Moms, apakah buah hati Anda gemar makan ikan? Berdasarkan studi terbaru, diperoleh hasil bahwa anak-anak yang makan ikan, setidaknya sekali dalam seminggu, memiliki IQ yang lebih tinggi. Nah, ikan apa saja sih yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak?

apa saja ikan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak
©Cleveland Clinic

Ikan sudah lama dikenal sebagai salah satu rahasia kecerdasan orang Jepang. Survei menunjukkan bahwa bahan pangan yang mendominasi makanan orang Jepang ialah ikan, dengan tingkat konsumsi rata-rata 60 kilogram per orang per tahun. Sayangnya, tingkat konsumsi ikan orang Indonesia masih di bawah 30 kilogram per orang per tahun.

Padahal, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa ikan merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Seperti yang sudah disinggung di atas, studi yang dilakukan oleh Pennsylvania State University tersebut membuktikan bahwa kandungan Omega-3 yang ada pada ikan dapat meningkatkan intelegensi anak. Lalu, jenis ikan apa saja sih yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak?

1. Cakalang

Dalam 100 gram ikan cakalang mengandung 107 kalori, 19,6 gram protein, 0,7 gram lemak, dan 5,5 gram karbohidrat. Ikan ini biasanya diolah menjadi ikan asap dan abon. Moms bisa memberikan buah hati ikan ini dalam bentuk abon yang biasanya disukai anak-anak.

2. Salmon

Dalam setiap 100 gram ikan salmon mengandung 415 kalori, 46 gram protein, dan 23 gram lemak. Salmon juga kaya akan asam lemak Omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan otak anak. Salmon juga merupakan salah satu jenis ikan yang paling bergizi tinggi karena kaya akan kandungan zinc, zat besi, niasin, vitamin B12, vitamin B6, dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan otak.

3. Bandeng

Dalam setiap 100 gram ikan bandeng mengandung 123 kalori, 20 gram protein, dan 4,8 gr lemak. Ikan ini sama sekali tidak mengandung karbohidrat dan biasanya disukai anak-anak karena citarasanya yang gurih. Hanya saja, karena memiliki banyak duri, Moms bisa menyiasatinya dengan memasaknya dengan panci bertekanan tinggi hingga durinya menjadi lunak.

4. Ekor Kuning

Dalam 100 gram ikan ekor kuning mengandung 108 kalori, 22,3 gram protein, 1,2 gram lemak, dan 2,1 gram karbohidrat. Moms bisa menemukan ikan ini dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket.

5. Tuna

Dalam setiap 100 gram ikan tuna mengandung 184 kalori, 30 gram protein, dan 6 gram lemak. Kandungan lemaknya memang terlihat cukup tinggi, namun ini adalah lemak baik yang sangat dibutuhkan otak anak, yaitu Omega-3. Selain kaya protein dan lemak baik, tuna juga kaya akan nutrisi esensial seperti fosfor, kalium, magnesium, tiamin, dan vitamin B6.

6. Kembung

Dalam 100 gram ikan kembung mengandung sekitar 125 kalori, 21,3 gram protein, 3,4 gram lemak, dan 2,2 gram karbohidrat. Ikan kembung merupakan salah satu ikan yang tergolong ekonomis namun kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak-anak.

7. Patin

Dalam 100 gram ikan patin mengandung 132 kalori, 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan 1,1 gram karbohidrat. Ikan patin mengandung 2 jenis asam lemak Omega-3, yakni EPA dan DHA, seperti yang terkandung dalam salmon dan tuna. Kedua jenis asam lemak esensial ini sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Untuk meningkatkan kecerdasan otak buah hati tercinta, yuk ajak mereka untuk gemar makan ikan mulai dari sekarang, Moms.