• Education
  • Learning Methods

Ini 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia

| Written by Squlio

Pendidikan menjadi salah satu komponen terpenting sebuah negara. Maju dan mundurnya suatu negara dapat ditentukan dari tingkat pendidikan yang diterapkan di negara tersebut. Fakta membuktikan bahwa negara-negara maju pasti memiliki sitem pendidikan yang baik. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kualitas dengan sistem pendidikan terbaik untuk setiap warganya.

ketahui negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia
© APIS

Terdapat beberapa faktor penting dalam meningkatkan kualitas sistem pendidikan yang baik, seperti kualitas tanaga pengajar, sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum, dan pendanaan. Saat ini bangsa Indonesia masih mengalami pemerataan di bidang pendidikan. Hal tersebut dikarenakan akses sarana pendidikan di Indonesia tidak tersebar di setiap penjuru Tanah Air.

Berbagai data global telah melakukan survei mengenai sistem pendidikan dengan kualitas terbaik di Asia. Berikut ini beberapa negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik, antara lain:

1. Korea Selatan

Seiring dengan pembangunan karakter, Korsel juga menggenjot pendidikan formal bangsanya. Pemerintah mewajibkan semua warga Korsel menempuh pendidikan dasar 12 tahun atau minimal hingga selesai SMA. Hasilnya, Korsel menjadi salah satu negara dengan angka melek huruf tertinggi di dunia.

Siswa disana mulai masuk ke sekolah pukul 08.00 dan muali belajar pukul 08.20 hingga 19.30. Artinya, para siswa berada di sekolah rata-rata 11 jam. Tidak heran jika Korsel sempat dinobatkan sebagai negara dengan jam pelajaran sekolah terlama di dunia.

Begitulah jalan yang ditempuh Korsel untuk mengubah nasib dari bangsa miskin menjadi kaya, bangsa yang pernah kalah menjadi bangsa pemenang. Mereka membentuk karakter dan mendidik manusianya dengan amat keras agar bisa menjadi bangsa yang unggul.

2. Hongkong

Di Hongkong, sistem pendidikannya dibuat kompetitif dan kualitas dari pendidikan yang baik juga mendorong atmosfer belajar yang tinggi. Sitem pendidikan Hongkong masih mengadopsi struktur yang dibentuk oleh sistem pendidikan di Inggris, selain mengutamakan pengetahuan juga mementingkan pembelajaran keahlian praktik, kemampuan interpersonal, isu-isu sosial dan budaya, serta penerapan pengetahuan pada praktik kerja nyata.

Lebih dari 20 persen anggaran belanja pemerintah Hongkong adalah untuk sektor pendidikan. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa Hongkong telah mengembangkan sistem pendidikan yang sangat baik.

3. Jepang

Kualitas sistem pendidikan di Jepang memang sudah tak diragukan lagi. Salah satu hal yang berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang super canggih adalah sistem kurikulum di Jepang.

Walaupun Jepang sering melakukan perubahan kurikulum, namun perubahan tersebut tentu berdampak pada permintaan kualifikasi dan kompetensi yang semakin tinggi. Dengan melakukan perubahan kurikulum tersebut, maka Jepang mendapatkan kemajuan dari berbagai aspek seperti teknologi, sains, dan ekonomi.

Seperti yang telah diketahui, kurikulum di Jepang memang kerap mengalami perubahan. Tapi loyalitas pengajar serta tingginya sikap kedisiplinan siswa yang membuat Jepang memiliki sistem pendidikan terbaik didunia.

4. Singapura

Kemajuan pendidikan di Singapura didukung oleh banyak faktor. Diantaranya yaitu adanya fasilitas yang memadai. Contohnya, setiap sekolah di Singapura memiliki web sekolah yang berguna untuk menghubungkan siswa, guru, dan orang tua. selain itu, di setiap kelas terdapat Liquid Crystal Display (LCD) untuk proses pembelajaran. Fasilitas lainnya yaitu tersedianya sistem transportasi yang memiliki akses ke semua sekolah di Singapura yang memudahkan siswa untuk menuju ke sekolahnya.

Faktor biaya juga sangat mempengaruhi kualitas pendidikan. Karena jika biaya sekolah murah, setiap orang di negara tersebut dapat mengenyam pendidikan dengan mudah. Di Singapura, biaya pendidikan disesuaikan dengan kemampuan rakyat, ditambah lagi dengan beasiswa bagi rakyat yang kurang beruntung.

Proses penyaringan untuk menjadi guru sangat ketat dan calon guru yang di terima disesuaikan dengan jumlah guru yang diperlukan, sehingga semua calon guru tersebut pasti akan mendapatkan pekerjaan. Setelah teraudisi, para calon guru diberi pelatihan sebelum bekerja, sehingga guru-guru sudah mendapatkan pembekalan sebelumnya. Selain itu, gaji yang diberikan untuk guru-guru di Singapura juga banyak. Hal itu menyebabkan kehidupan guru-guru terjamin kesejahteraannya.

5. Taiwan

Negara Taiwan termasuk negara maju di kawasan asia, kemajuan ini salah satunya karena sektor pendidikan yang dinilai bagus. Perkembangan pendidikan di Taiwan sungguh luar biasa, negara ini memiliki standar pendidikan tinggi terbaik di antara negara-negara di Asia Tenggara. Bahkan banyak sekali mahasiswa asing yang menempuh pendidikan bermutu di negeri tersebut. Selain itu, program pertukaran pelajar internasional pun menjadi salah satu program unggulan di semua universitas yang ada di Taiwan.

Kementerian Pendidikan Taiwan juga bereksperimen dengan program sepuluh tahun nasional yang dirancang untuk mengintegrasikan SMP dan SMA serta kurikulum sekolah kejuruan. Siswa SMP yang tertarik memulai program dua tahun dalam pelatihan kejuruan dapat melakukannya selama tahun sebelumnya dari SMP.

Semua mata pelajaran diintegrasikan ke dalam tujuh bidang pembelajaran: seni bahasa, pendidikan kesehatan dan fisik, ilmu sosial, seni dan humaniora, matematika, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan kegiatan integratif. Seni bahasa memiliki porsi rata-rata 20-30 persen dari waktu kelas, sedangkan bidang belajar lainnya mengambil masing-masing 10-15 persen.

Selain kurikulum dan hasil belajar, kerangka dasar pendidikan yang baru ini dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dalam struktur sistem pendidikan.

Sumber: Iyaa