• Family
  • Health Guidance

Berbagi Keceriaan di Hari Buah Internasional 2018

| Written by Squlio

Hello, Parents, apakah Anda dan keluarga sudah makan buah hari ini? Tahukah Anda bahwa 1 Juli dicanangkan sebagai Hari Buah Internasional? Nah, kita simak asal usul adanya peringatan ini dulu yuk!

peringatan hari buah internasional 2018
©Coiffure

Sejarah Hari Buah Internasional

Berawal dari perkumpulan mahasiswa di Universitas Alice Solomon di Berlin, Jerman, para mahasiswa ini pun sepakat untuk membentuk sebuah organisasi yang berdasarkan pada kegiatan sosial, yaitu berbagi makanan. Ide ini terus berkembang hingga dijadikan kegiatan yang berkelanjutan. Kegiatan berbagi makanan ini dilakukan dengan membagikan buah yang disukai ke orang-orang sekitar.

Tujuannya untuk meningkatkan rasa simpati dan keceriaan saat bersama orang-orang dengan budaya, bangsa, agama, dan gaya hidup yang berbeda. Akhirnya, kegiatan ini pun menjadi awal tercetusnya Hari Buah Internasional, yang pertama kali diselenggarakan tanggal 1 Juli 2007 di Taman Maeur, Berlin, Jerman.

Pentingnya Buah Bagi Kesehatan

Buah adalah sumber vitamin, mineral, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi penting ini sangat diperlukan tubuh kita untuk menjalankan proses metabolisme yang optimal. Vitamin C misalnya, penting untuk pembentukan kolagen, sistem imun, hingga penyerapan zat besi dalam tubuh. Sedangkan antioksidan, merupakan zat yang sangat besar perannya untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan banyak penyakit. Untuk itu, Depkes RI menganjurkan bahwa konsumsi buah dan sayur yang kita butuhkan setiap hari adalah 400-600 gram.

Fruit of The Year di Hari Buah Internasional

Setiap tahunnya, Hari Buah Internasional punya tema yang berbeda. Di awal penyelenggaraannya, tema yang digunakan adalah “Come Together”, yaitu mengajak orang-orang untuk datang, berbagi dan menikmati buah yang diberikan. Selain tema yang berbeda, setiap tahunnya selau ada buah yang terpilih sebagai “Fruit Of The Year”. Di awal penyelenggaraannya, yaitu tahun 2007, buah yang terpilih adalah stroberi. Bagaimana dengan tahun 2018 ini?

Nah, untuk tahun 2018 ini, tema yang digunakan adalah “Cherish Other” atau menghargai orang lain. Alasannya, karena banyaknya buah yang berasal dari berbagai daerah dan musim, dianggap mewakili gambaran keragaman budaya masyarakat yang ada di seluruh dunia. Berbagi buah dengan orang-orang di sekitar akan memupuk solidaritas sehingga tercipta rasa saling menghargai di antara keragaman budaya di masyarakat. Dan, Fruit Of The Year yang terpilih di tahun 2018 ini adalah buah kiwi.

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kiwi

Buah kiwi kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, C, dan E, serta kalsium, tembaga, mangan, magnesium, fosfor, besi, dan seng. Seperti halnya buah apel, buah kiwi juga mengandung banyak serat. Eperti yang kita ketahui bahwa serat sangat baik untuk mengendalikan kadar gula darah serta menjaga kesehatan pencernaan dan juga kesehatan jantung.

Nah, Moms, ayo biasakan seluruh anggota keluarga untuk makan buah setiap hari, terutama buah hati yang masih dalam masa pertumbuhan ya. Selamat Hari Buah Internasional!