• Parenting
  • Childhood Stage

Kenapa Parents Perlu Mengantar Buah Hati di Hari Pertamanya Sekolah?

| Written by Squlio

Hari pertama sekolah merupakan salah satu momen yang penting baik untuk anak maupun untuk orang tua. Menjelang hari pertama sekolah buah hati, Parents biasanya akan disibukkan dengan mempersiapkan semua keperluan sekolah anak. Lalu, apakah Parents juga sudah mengantar anak di hari pertama sekolah?

pentingnya mengantar anak di hari pertama sekolah
©Fortune

Anjuran untuk Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah

Mengantar anak di hari pertama sekolah ternyata sangat penting lho, Parents. Bahkan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2016 yang menganjurkan para orang tua untuk meluangkan waktu mengantar anak di hari pertama sekolah.

Orang tua maupun sekolah sama-sama merupakan institusi pendidikan, sehingga harus terjalin interaksi dan kemitraan yang baik demi perkembangan pendidikan anak. Nah, dengan mengantar anak sekolah, interaksi dan komunikasi antara orang tua sekolah akan terbangun bahkan sejak hari pertama sekolah. Mengantarkan anak ke sekolah adalah kesempatan untuk membangun hubungan positif antara lingkungan pendidikan di rumah dan di sekolah.

Anak-anak menghabiskan sebagian waktunya di sekolah. Mereka mengisi sekitar sepertiga harinya di sekolah. Sebanyak 5-6 hari dalam seminggu, mereka pun belajar di sekolah. Ini artinya, sekolah seakan menjadi rumah kedua bagi anak-anak kita. Dengan mengantar anak ke sekolah, terutama di hari pertamanya, kita akan melihat bagaimana rumah kedua mereka ini.

Kegiatan Parents di Hari Pertama Sekolah Buah Hati

Sesuai dengan anjuran Kemendikbud, ada beragam kegiatan yang bisa Parents lakukan di hari pertama sekolah buah hati Anda, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengantar anak ke sekolah
  • Berkenalan dengan wali kelas, guru, serta kepala sekolah
  • Mengapresiasi guru yang mendidik anak
  • Menceritakan kondisi dan karakter anak saat di rumah kepada wali kelas
  • Bertanya dan memberi masukan mengenai pembelajaran satu tahun ke depan
  • Menawarkan bantuan untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan penunjang pembelajaran
  • Berkenalan dengan orang tua siswa lainnya

Parents, perlu kita sadari bahwa hari pertama sekolah merupakan awal dari perjalanan panjang buah hati kita dalam meraih impiannya. Untuk itu, membangun komunikasi yang baik dengan pihak sekolah adalah hal yang sangat penting.

Ingat bahwa pendidikan adalah kolaborasi antara pendidik di rumah dan pendidik di sekolah. Dan, kolaborasi hanya bisa terjadi jika ada komunikasi. Karena itulah mengantar anak di hari pertama sekolah menjadi salah satu langkah untuk memulai komunikasi yang baik tersebut.