• Education

Mengapa Orang Tua Harus Terlibat dalam Pendidikan Anak?

| Written by Squlio

Bicara mengenai pendidikan, banyak orang berpikir bahwa sekolah adalah lembaga yang bertanggung jawab atas proses hingga hasil pendidikan anak. Padahal, keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak juga memegang peranan sangat besar lho, Parents.

ketahui manfaat keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak
©OETA

Lingkungan yang Mempengaruhi Pendidikan Anak

Pendidikan anak merupakan tanggung jawab bersama antara sekolah dan keluarga. Ini berarti, sebagai orang tua, kita tidak boleh menganggap bahwa pendidikan anak hanyalah tanggung jawab sekolah. Lingkungan keluarga juga dikatakan sebagai lingkungan yang paling utama, karena sebagian besar kehidupan anak di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima anak adalah dalam keluarga.

Anak-anak belajar dan tumbuh dalam 3 lingkungan yang sangat berpengaruh, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Terdapat keterkaitan yang kuat antara tiap lingkungan dalam memberi pengaruh positif untuk anak-anak, keluarga, dan sekolah, ketika sekolah dapat menjangkau para orang tua dan secara aktif  melibatkan orang tua untuk mendukung dan mendorong anak-anak mereka dalam belajar dan berkembang.

Manfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Sudah ada banyak penelitian yang menemukan manfaat keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh anak namun juga orang tua sendiri dan pihak sekolah. Apa saja sih manfaatnya dengan terlibat aktif dalam pendidikan anak?

  • Meningkatkan prestasi anak
  • Membuat anak lebih termotivasi untuk belajar di sekolah
  • Membantu anak menjadi lebih disiplin
  • Membuat orang tua lebih responsif dan sensitif terhadap perkembangan intelektual, sosial, dan emosi anak
  • Meningkatkan kepercayaan diri orang tua dalam mengasuh anak
  • Membuat orang tua memahami lebih baik tentang tugas guru dan kurikulum sekolah
  • Meningkatkan citra dan reputasi sekolah di masyarakat
  • Membantu sekolah untuk membuat kebijakan dan program-program yang tepat

Lalu, bagaimana cara Parents untuk terlibat aktif dalam pendidikan anak? Selain dengan menjadi contoh atau teladan yang baik bagi anak-anak di rumah, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman di rumah, maka Parents bisa mendukung sekolah dengan mematuhi tata tertib dan kebijakan seolah, agar anak belajar menghargai dan disiplin. Jika anak mengalami hambatan di sekolah, bicarakan dengan wali kelasnya sesegera mungkin untuk mendapatkan jalan keluar dan tidak berlarut-larut.

Nah, setelah mengetahui betapa pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, mulai sekarang marilah menjadi lebih aktif dalam membangun komunikasi dengan pihak sekolah yuk!