• Education
  • Learning Methods

Apa Itu Kurikulum Cambridge?

| Written by Squlio

Di Indonesia, sekolah-sekolah yang mengadopsi kurikulum internasional sudah semakin banyak. Dari sekian banyak kurikulum internasional yang ada, kita pernah membahas secara singkat mengenai 4 kurikulum internasional yang sering digunakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia dalam artikel Kurikulum Internasional yang Sering Digunakan Sekolah, di mana salah satunya adalah Cambridge International. Apa itu kurikulum Cambridge?

apa itu kurikulum cambridge
©Arcadia

Kurikulum Cambridge atau secara lengkap adalah Cambridge International Examinations adalah bagian dari Cambridge Assesment, yaitu divisi non-profit dari Universitas Cambridge. Sistem pendidikan ini sendiri sampai tahun 2016 yang lalu tercatat sudah diterapkan di sekitar 192 sekolah di Indonesia, mulai dari tingkat sekolah dasar sampai menengah, serta telah digunakan oleh lebih dari 10 ribu sekolah di 160 negara.

Menurut Regional Director for Southeast Asia & Pasific Cambridge International Examinations, Ben Schmidt, kurikulum Cambridge ditujukan untuk mempersiapkan siswa agar sukses di masa depan, terutama dalam menghadapi masyarakat global.

Program dalam kurikulum Cambridge ini, masih menurut Schmidt, memiliki 4 karakteristik yang menekankan pada:

  1. Kefasihan bahasa Inggris, karena kegiatan belajar mengajar diselenggarakan dalam bahasa Inggris.
  2. Wawasam global, karena para siswa sudah sejak dini diperkenalkan dengan perbedaan tiap negara dan cara pandang internasional.
  3. Pendidikan modern, karena sistem pendidikannya selalu up to date.
  4. Kesempatan belajar di universitas terbaik dunia, karena bagi siswa yang mampu menyelesaikan pendidikan dan mendapat sertifikat Cambridge International A Level bisa melanjutkan pendidikan di kampus terbaik di dunia.

Meskipun berstandar internasional, kurikulum Cambridge ini pun tetap memperhatikan aspek kelokalan Indonesia. Ini artinya, sekolah bisa menggabungkan antara kurikulum nasional dan Cambridge secara bersamaan, bahkan untuk sekolah berbasis agama sekalipun.

Berdasarkan pemetaan kurikulum yang dilakukan Cambridge Internasional Examination, silabus dari kurikulum Cambridge sudah mencakup 90% dari konten yang diperlukan untuk Ujian Nasional di Indonesia, sehingga kedua kurikulum ini tidak tumpang tindih.

Jadi, setelah mengetahui apa itu kurikulum Cambridge, apakah Parents tertarik untuk menyekolahkan buah hati Anda di sekolah yang menerapkan sistem pendidikan tersebut?