• Family
  • Health Guidance

Tips Membiasakan Anak Sikat Gigi Secara Teratur

| Written by Squlio

Orang tua mana sih yang tidak senang melihat buah hatinya tersenyum lebar sambil memamerkan gigi sehat dan cemerlangnya? Salah satu rahasia untuk mendapatkannya adalah dengan membiasakan anak sikat gigi secara teratur.

bagaimana cara membiasakan anak sikat gigi secara teratur
©Babyologist

Moms pasti setuju bahwa membiasakan anak sikat gigi sejak dini sangatlah penting. Namun sayangnya, hal itu tidak semudah yang dibayangkan. Moms mungkin mengalami fase-fase di mana buah hati Anda selalu menutup mulut atau bahkan menangis karena tidak mau disikat giginya. Jika sudah begini, Moms pasti khawatir kalau gigi anak berlubang nantinya. Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, ada baiknya kita simak terlebih dahulu beberapa penjelasan penting seputar kebiasaan sikat gigi secara teratur untuk anak.

Kapan Mulai Membiasakan Anak Sikat Gigi?

Begitu gigi pertamanya tumbuh, Moms sudah wajib untuk menyikat giginya. Ini adalah langkah awal untuk memperkenalkan kebiasaan menyikat gigi pada anak. Pilihlah sikat gigi yang lembut dan sesuai dengan ukuran mulut anak.

Lalu kapan membiarkan anak menyikat giginya sendiri? Moms bisa berikan ia kesempatan untuk menyikat gigi sendiri begitu ia mau dan mampu melakukannya sendiri. Anak-anak mungkin belum sepenuhnya bisa menyikat gigi sendiri dengan baik sampai usia 7-8 tahun. Untuk itu, dampingilah anak saat melakukan kegiatan ini. Anda bisa mengajaknya menyikat gigi bersama-sama.

Bagaimana Memilih Pasta Gigi untuk Anak

Ketika anak mulai berusia 2 tahun dan sudah bisa meludah, Moms bisa memberikan pasta gigi sebesar kacang polong saja. Selama belum bisa meludah atau berkumur, Anda bisa membersihkan dengan sikat gigi yang dibasahi air matang saja.

Apakah anak-anak membutuhkan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride memang merupakan mineral penting untuk mencegah kerusakan gigi, menguatkan email gigi, dan membuatnya lebih tahan terhadap asam dan bakteri berbahaya.

Namun, gigi anak-anak yang sedang tumbuh hanya membutuhkan fluoride dalam jumlah sedikit untuk mendapatkan manfaatnya. Jika anak dibiarkan menelan terlalu banyak fluoride secara berulang justru bisa menyebabkan terjadinya fluorosisi. Ini adalah kondisi munculnya noda putih pada gigi anak. Itulah  sebabnya anak tidak boleh menggunakan terlalu banyak pasta gigi, terutama sebelum mereka bisa berkumur dan meludah.

Dosis fluoride yang direkomendasikan oleh para ahli adalah 25 mg untuk anak berusia di bawah 3 tahun.  Anak usia 3 hingga 6 tahun dianjurkan mendapatkan fluoride sejumlah 5 mg. Sedangkan untuk anak usia di atas 6 tahun membutuhkan dosis sebesar 1 mg.

Tips Membiasakan Anak Sikat Gigi

Untuk mengatasi anak yang susah diajak menyikat gigi, maka ada beberapa tips agar anak mau sikat gigi sekaligus untuk membiasakan anak sikat gigi secara teratur, antara lain:

  • Berikan sikat gigi berkarakter kesukaannya
  • Gunakan pasta gigi dengan rasa yang disukainya
  • Ajak anak menyikat gigi bersama-sama
  • Ajak anak menyikat giginya di depan cermin
  • Berikan contoh cara menyikat gigi yang baik dan benar
  • Sesekali biarkan anak menyikat gigi Moms atau Dads
  • Ceritakan dongeng tentang pentingnya menyikat gigi
  • Berikan reward jika anak mau menyikat gigi sendiri

Membiasakan anak sikat gigi secara teratur memang membutuhkan ketelatenan ya, Moms. Jadi, jangan bosan dan menyerah untuk mengajarkan kebiasaan penting ini. Selamat mencoba!