• Family
  • Inspirations

Tips Mendidik Anak yang Tangguh ala Dian Sastro

| Written by Squlio

Siapa sih yang tidak setuju kalau aktris cantik Dian Sastrowardoyo disebut sebagai wanita yang tangguh? Menurutnya, ketangguhan itu didapat berkat didikan ibunya. Nah, virus itu kemudian ia ingin tularkan untuk kedua anaknya, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo dan Ishana Ariandra Nariratana Sutowo. Dian Sastro pun berbagi tips mendidik anak yang tangguh.

simak tips mendidik anak yang tangguh ala Dian Sastro
©Brilio

Pemeran Cinta dalam film Ada Apa dengan Cinta ini memiliki alasan tersendiri mengapa kedua anaknya harus tumbuh menjadi tangguh. “Berbeda sekali dengan masa kecil saya dahulu, sekarang hidup saya dan anak-anak sudah lebih enak. Tetapi dengan hidup yang seperti ini saya ingin anak-anak saya tidak manja, tetapi menjadi tangguh,” ungkapnya.

Selain itu, Dian juga ingin mempersiapkan kedua anaknya untuk menghadapi dunia beberapa tahun ke depan, ketika anak-anaknya sudah dewasa. Dunia itu, kata Dian akan berbeda dengan masa kini, di mana kompetisi akan semakin sengit. Oleh karenanya, tak ada cara lain kecuali membekali putra dan putrinya dari sekarang.

Untuk mendidik anak yang tangguh, Dian memiiki triknya sendiri, yaitu menerapkan kedisiplinan dan melakukannya secara konsisten. Disiplin ala Dian sebenarnya sederhana dan ketika menerapkan sesuatu harus selalu konsisten.  Contohnya, Dian adalah hanya membolehkan anak-anaknya mengonsumsi es krim di akhir pekan. Aturan itu ia lakukan secara konsisten, dengan tidak memberikan es krim untuk Shailendra dan Ishana di hari biasa.

Hal lain yang diterapkan Dian adalah ketika anaknya jatuh tersandung sesuatu, ia akan memperingatkan anaknya untuk lebih berhati-hati dan tidak menyalahkan benda yang membuat anaknya tersandung, seperti yang dilakukan orang tua zaman dahulu.

Tegas dan konsisten, seperti itulah yang terus ditetapkan Dian di dalam rumah tangganya sampai sekarang. Agar pola asuh itu seragam, Dian juga mengajak anggota keluarga seperti eyang, mertua, tante, paman, asisten rumah tangganya untuk berdiskusi mengenai penyeragaman hal yang boleh dan tidak boleh untuk anak-anak.

Namun bukan berarti selama ini Dian tidak mengalami kendala dalam mendidik anak yang tangguh seperti yang diinginkannya. Ada kalanya ketangguhannya sebagai ibu diuji, terutama ketika anaknya tantrum dan sulit ditenangkan. Dian mengaku ikut frustasi merasakan kondisi anaknya itu. “Saya ajak anak-anak saya untuk berkomunikasi lebih intim sehingga mereka jadi lebih kooperatif dan bisa mengelola kecerdasan emosi yang dimilikinya,” tandasnya.

Sumber: Mother and Baby