• Parenting
  • Toddler Phase
  • Childhood Stage

Yuk Mengajarkan Anak Cinta Lingkungan!

| Written by Squlio

Pada tanggal 5 Juni kemarin ini, kita telah memperingati World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Nah, ini adalah momen yang tepat untuk mengajarkan anak cinta lingkungan ya, Parents.

bagaimana cara mengajarkan anak cinta lingkungan
©Pinterest

Menjaga lingkungan adalah kewajiban setiap kita semua. Siapa sih yang tidak senang tinggal di lingkungan yang bersih, sejuk, asri, dan nyaman? Untuk itulah, kita sebagai orang tua pun harus mengajarkan anak cinta lingkungan agar mereka peduli pada lingkungannya. Karena ini juga akan berimbas pada kelestarian lingkungan mereka di masa depan nanti.

Cara Mengajarkan Anak Cinta Lingkungan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak cinta lingkungan, di antaranya:

1. Memberikan Contoh

Salah satu tips yang diberikan oleh CEO National Wildlife Federation, Collin O’Mara, adalah dengan memberikan contoh pada anak-anak untuk mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan untuk menghemat energi.

2. Membuang Sampah pada Tempatnya

Ini adalah salah satu kebiasaan yang harus diajarkan sejak dini, mengingat hal ini masih menjadi masalah besar di negara kita. Oleh karenanya, mari kita ciptakan generasi yang cinta lingkungan dengan membiasakan anak-anak kita membuang sampah pada tempatnya.

3. Menggunakan Air Secukupnya

Ada banyak kebiasaan sederhana yang membuat pelestarian lingkungan menjadi nyata dan naluriah bagi anak-anak. Salah satunya adalah dengan membiasakan anak untuk menggunakan air secukupnya dengan cara mematikan air keran ketika anak sedang menggosok gigi.

4. Bermain di Luar

Menurut O’Mara, ini membantu mendorong anak-anak untuk memiliki perasaan yang positif dan terhubung dengan alam. Jadi, jangan segan mengajak buah hati bermain di luar ya, Parents, entah itu sekedar ke taman kota, berkebun di rumah, dan sebagainya.

5. Menanam Pohon

Selain seru dan mengasyikkan bagi anak-anak, ini juga akan mengajarkan anak-anak untuk mencintai alam. Jelaskan pula pada anak mengenai pentingnya pohon bagi kehidupan di bumi ini.

Mengajarkan anak cinta lingkungan tidak sulit ‘kan, Parents? Untuk itu, sebagai wujud dukungan kita pada pelestarian lingkungan, ayo kita tumbuhkan rasa cinta lingkungan di keluarga kita. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia!