• Family
  • Health Guidance

Terapkan Aturan 20-20-20 untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak

| Written by Squlio

Di beberapa artikel sebelumnya, kita telah banyak membahas pentingnya memperhatikan screen time atau waktu menatap layar gadget pada buah hati kita. Selain memperhatikan dampaknya pada aspek sosial, emosional, dan kognitif anak, ternyata screen time ini juga penting diperhatikan dalam rangka menjaga kesehatan mata anak.

cara menjaga kesehatan mata anak dari pengaruh buruk layar gadget
©NEEF

Dari hari ke hari, durasi screen time pada anak kian bertambah. Apalagi jika buah hati Anda sudah meninggalkan usia balita sehingga kita sebagai orang tua pun semakin sulit untuk mengendalikan waktu bermain gadget-nya. Seperti yang telah disinggung dalam artikel sebelumnya yang membahas mengenai Kapan Sebaiknya Parents Memperkenalkan Gadget pada Anak, bahwa ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa anak-anak menghabiskan rata-rata lebih dari 7 jam per hari dengan alat elektronik seperti televisi, internet, dan gadget lainnya.

Padahal, paparan sinar biru dari layar gadget memberikan banyak efek samping. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar biru bisa menyebabkan gangguan tidur, obesitas, dan gangguan kesehatan mata anak. Para ahli menyebut masalah pada mata itu sebagai digital eye strain atau ketegangan mata digital.

Pada tahun 2015, The Vision Council dalam laporan hasil survei dan penelitiannya mendefinisikan ketegangan mata digital sebagai ketidaknyamanan yang dialami oleh seseorang setelah menatap layar digital selama 2 jam atau lebih. Gejalanya bisa berupa mata kering, iritasi, penglihatan buram, mata lelah, nyeri bahu dan leher, serta sakit kepala. Menurut penasihat medis The Vision Council, dr. Justin Bazan, ketegangan mata digital ini terjadi karena mata kita sebenarnya tidak diciptakan untuk menatap layar digital sepanjang hari.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mata anak dan mencegah terjadinya gangguan mata akibat paparan sinar biru dari layar gadget, Parents bisa menerapkan aturan 20-20-20 yang dikeluarkan oleh American Optometric Association (AOA) berikut ini:

Ambil 20 Detik Jeda Setiap 20 Menit Menatap Layar Digital, kemudian Lihatlah Sesuatu yang Berjarak 20 Kaki atau Sekitar 6 Meter Jauhnya.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan mata anak, pastikan anak mengambil jarak minimal satu jengkal dari layar saat bermain gadget, dan perbesar ukuran huruf di layar sehingga anak tidak perlu menatap layar terlalu dekat.

Dr. Jeff Goodhew, dokter mata di Abbey Eye Care, Ontario, Kanada, juga menganjurkan pemeriksaan mata pertama pada anak sebaiknya dilakukan antara usia 6 dan 12 bulan, lalu di usia 3 tahun, kemudian setiap 1 tahun sekali mulai dari usia masuk sekolah.

Sudah siap menerapkan aturan 20-20-20 untuk menjaga kesehatan mata anak Anda, Parents? Jangan lupa, Moms dan Dads pun sebaiknya juga ikut menerapkan aturan ini untuk menjaga kesehatan mata Anda. Selamat mencoba!