• Education
  • Parenting

Mengenal Peringatan Hari Perlindungan Anak Sedunia

| Written by Squlio

Selain mengenal Hari Anak Sedunia yang diperingati tiap tanggal 20 November, ada juga peringatan Hari Perlindungan Anak Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Apa sih tujuan diperingatinya hari tersebut dan bagaimana sejarahnya?

ketahui sejarah Hari Perlindungan Anak Sedunia
©Pinterest

Seluruh negara di dunia menganggap Hari Anak sebagai sebuah hari yang sangat penting dan layak untuk diperingati dan dijadikan hari besar nasional. Namun, setiap negara ternyata memiliki tanggal yang berbeda-beda untuk memperingatinya. Indonesia pun memiliki tanggal tersendiri untuk memperingati Hari Anak Nasional, yaitu pada tanggal 23 Juli.

Atas kesepakatan dalam Konferensi Dunia untuk kesejahteraan anak di Jenewa, Swiss, pada tahun 1925, tanggal 1 Juni dipilih sebagai Hari Perlindungan Anak Sedunia (The International Day for Protection of Children) atau yang sering juga disebut dengan International Children’s Day. Keputusan ini juga disepakati oleh Federasi Demokrasi Wanita di Moskow pada tahun 1949. Dalam federasi tersebut terdapat 51 negara yang menyepakati tanggal 1 Juni sebagai Hari Perlindungan Anak Sedunia.

Bagaimana dengan peringatan Hari Anak Sedunia tanggal 20 November? Nah, karena isu kesejahteraan anak selalu menjadi topik yang diangkat dalam konferensi besar, akhirnya United Nation alias PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) pun turut mendeklarasikan bahwa 20 November dipilih sebagai Hari Anak Sedunia atau Universal Children’s Day.

Baik itu Hari Perlindungan Anak Sedunia maupun Hari Anak Sedunia pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yakni untuk menghormati hak-hak bagi seluruh anak di dunia. Peringatan Hari Perlindungan Anak Sedunia di berbagai negara dimaknai sebagai kepedulian terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga menjadi generasi penerus yang berkualitas, tangguh, kreatif, jujur, sehat, cerdas, berprestasi, dan berbudi pekerti luhur.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita juga wajib menghormati dan memenuhi hak-hak anak kita. Apa saja itu? Adalah kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai orang tua dalam membesarkan dan mendidik anak dengan penuh cinta dan kasih sayang. Dan, dalam prosesnya, kita tak boleh melupakan bahwa setiap anak juga memiliki hak-hak untuk bermain dan belajar sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Sekali lagi, selamat memperingati Hari Perlindungan Anak Sedunia, Parents. Yuk sayangi buah hati kita dan berikan mereka pendidikan terbaik demi masa depan mereka kelak.