• Family
  • Lifestyle Journal

10 Rekomendasi Theme Park untuk Liburan Sekolah dan Lebaran 2018

| Written by Squlio

Selamat Hari Keluarga Internasional, Parents! Untuk merayakan kebersamaan dengan keluarga, berikut ini kami rekomendasikan 10 theme park yang seru dan asik untuk berlibur bersama keluarga, baik untuk mengisi liburan sekolah maupun liburan Lebaran nanti ya, Parents!

rekomendasi theme park untuk liburan lebaran
©99.co

Sedikit tentang Hari Keluarga Internasional atau The International Day of Families, ini merupakan hari perayaan yang diperingati pada tanggal 15 Mei setiap tahunnya. Peringatan ini pertama kali diproklamasikan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1993 untuk mempromosikan kesadaran pentingnya berhubungan dengan keluarga dan meningkatkan pengetahuan terhadap proses sosial, ekonomi, dan demografi terhadap keluarga.

Nah, karena sebentar lagi liburan sekolah dan Lebaran 2018 segera tiba, berikut ini kami berikan 10 rekomendasi tempat liburan seru berupa theme park yang pasti akan disukai anak-anak. Serunya lagi, theme park berikut ini tak hanya berlokasi di Jakarta dan sekitarnya saja lho Parents, melainkan di berbagai kota di Pulau Jawa. Bisa jadi referensi liburan Lebaran saat mudik ke kampung halaman nanti ya, Parents. Simak daftarnya di bawah ini yuk:

1. Merapi Park, Yogyakarta

Tak hanya menyajikan pemandangan alam dan segarnya udara pegunungan, tempat ini dilengkapi dengan banyak bangunan unik yang berupa replika landmark terkenal di dunia, seperti menara Pisa, Eiffel, Big Ben, kincir angin Molen De Gooyer, dan banyak replika lainnya.

2. Rabbit Town, Bandung

Seperti namanya, tema utama tempat ini adalah kelinci, mulai dari dekorasi, wahana, bahkan ada kelinci lucu dari berbagai spesies yang bisa dibeli dan dibawa pulang. Di area seluas 2 hektar ini terdapat 16 wahana di antaranya LA store, museum of ice cream, love lock, hollywoodland, cookie monster, koi garden, lala town playground, arderic tree house, dragonfish, love light, dan jungle arena.

3. Dino Park, Kota Batu

Dikenal juga sebagai Jawa Timur Park 3, Dino Park terbagi menjadi berbagai wahana yakni galeri 5 zaman dino, dino mall, the rimba, life with dino, dan akuarium 4 dimensi. Theme park terbaru di Kota Batu ini menggabungkan antara konsep dino park dan teknologi yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality di mana para pengunjung bisa berinteraksi dengan dinosaurus dalam bentuk animasi seolah dinosaurus tersebut hidup.

4. Upside Down World, Alam Sutera

Tidak hanya menyulap bidang 2 dimensi saja, tempat ini juga menyulap sebuah ruangan secara sempurna seperti kelihatan nyata. Namun, semua perabotan yang ada di dalamnya terbalik sehingga menimbulkan efek yang unik. Keseluruhan wahananya dibagi ke dalam beberapa ruangan tematis yang tersebar di 3 lantai. Semuanya tertempel di langit-langit atau tembok wahana, menampilkan ilusi seolah-olah pengunjung serasa berjalan melawan gravitasi.

5. Surabaya Carnival Park, Surabaya

Ini merupakan taman hiburan keluarga terbesar dan terbaru yang buka pada malam hari yang berada di Kota Surabaya. Total lebih dari 50 jenis wahana permainan disediakan. Sebut saja Ferrish Wheel, Bledek Coaster, Blueshake, Cinema 4 Dimensi, Lampion KBS, dan sebagainya. Tak hanya wahana permainan yang menyuguhkan suasana berbeda, mata kita juga akan dimanjakan dengan jutaan lampu yang ada di area sekitar tempat yang menjadi ikon baru Kota Surabaya ini.

6. Bali Bird Park, Gianyar

Di sini, kita dapat menyaksikan koleksi terbesar dan terbaik dari burung di Indonesia dan dunia, ditambah burung fantastis dari Afrika dan Amerika Selatan. Di area seluas 2 hektar ini, terdapat hampir 1.000 burung dari 250 spesies yang berbeda. Selain itu, di sini ada lebih dari 2000 jenis tanaman tropis, termasuk 50 jenis tanaman Palm dan diramaikan pula dengan kehadiran kupu-kupu yang menarik.

7. Bandung Carnival Land, Bandung

Tempat ini merupakan taman bermain yang menyajikan berbagai macam wahana layaknya pasar rakyat. Dipenuhi dengan lampu warna-warni membuat malam Anda tidak terlupakan. Bandung Carnival Land merupakan grup dari Jatim Park yang terkenal dengan taman rekreasi yang sangat menawan di Jawa Timur. Nah, ini bisa jadi salah satu destinasi liburan sekolah dan liburan Lebaran nanti, Parents.

8. Jungleland Adventure Theme Park, Sentul

Dengan luas area 35 hektar dengan 41 macam wahana permainan petualangan yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia, outdoor theme park terbesar di Indonesia ini didesain dengan keunikan tersendiri sehingga memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya. Jungleland sudah membuka 3 zona yaitu Carnivalia, Tropicalia, dan Mysteria, show dan atraksi, parade dan science exhibition yang bekerjasama dengan Science Centre Singapore.

9. World of Wonders Theme Park, Cikupa

rekomendasi theme park untuk liburan lebaran
©99.co

Citra Raya World of Wonders terus mengembangkan fasilitasnya dengan terus melengkapi wahana-wahana barunya. Selain sebagai taman rekreasi dan hiburan keluarga, Citra Raya World of Wonders juga menghadirkan wahana edukasi sebagai wahana baru seperti Science Center, Jungle Safari, Water Outbond, Kids Kingdom (Indoor Playground), Taman Lalu Lintas, dan masih banyak lagi lainnya.

10. Kampung Gajah Wonderland, Lembang

Sebuah tempat wisata dengan sarana belanja dan kuliner dalam satu spot yang sama di daerah Bandung Barat ini merupakan tempat di mana kita dapat melihat Kota Bandung dari ketinggian. Tak hanya alam yang indah, sarana bermain yang beragam dan menyenangkan juga tersedia di tempat ini. Di area seluas 60 hektar ini, terdapat sekitar 20 wahana yang bisa dijelajah satu per satu, mulai dari Formula Kart, Sky View, Cross, Segway, 4D Rider, Delman Royal, Mini ATV, Body Cycle, Buggy, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, Parents, sudah ada pilihan tempat liburan keluarga di antara 10 theme park di atas? Well, selamat merencanakan liburan sekolah dan liburan Lebaran ya!