• Education
  • Learning Methods

Mengenal Singaporean Primary School Curriculum

| Written by Squlio

Tahun ajaran baru akan segera tiba. Moms dan Dads yang memiliki buah hati yang akan masuk sekolah dasar pasti sedang mempertimbangkan sistem pendidikan mana yang terbaik. Bagaimana dengan Singaporean Primary School Curriculum?

apa itu singaporean primary school curriculum
©TODAYonline

Sistem pendidikan Singapura dikenal sebagai salah satu sistem pendidikan terbaik di Asia bahkan dunia. Bahkan, pada tahun 2010 silam, sistem pendidikan Singapura telah mendapatkan pujian dari mantan Menteri Pendidikan Inggris, Michael Gove.

Sistem pendidikan Singapura didasarkan pada pemikiran bahwa setiap siswa memiliki bakat dan minat yang unik. Singapura memakai pendekatan yang fleksibel untuk membantu mengembangkan potensi para siswanya. Selain itu, kemajuan pendidikan di Singapura pun didukung oleh banyak faktor seperti adanya fasilitas sekolah yang memadai, sistem transportasi yang memiliki akses ke semua sekolah, biaya yang disesuaikan kemampuan, hingga kualitas guru dan kesejahteraan mereka.

Kurikulum Sekolah Dasar di Singapura atau yang dikenal dengan Singaporean Primary School Curriculum telah digunakan sebagai model internasional, khususnya untuk metode pembelajaran matematika. Kurikulum pada sekolah lanjutan di Singapura juga dikenal di seluruh dunia atas kemampuannya untuk mengembangkan siswa melalui pemikiran yang kritis dan keterampilan intelektual.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekolah yang menerapkan Singaporean Primary School Curriculum. Kurikulum ini secara umum mengajarkan Matematika, Sains, Bahasa Inggris, Seni, Musik, dan Ilmu Sosial.

Banyak sekolah yang menerapkan kurikulum ini sebagai tambahan dari kurikulum nasional untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris siswa, mengingat bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris. Ada juga sekolah yang menerapkan kurikulum ini untuk mengembangkan program bahasa Mandarin untuk para siswanya. Dan tentu saja, pengembangan kemampuan matematika masih menjadi favorit banyak sekolah sebagai alasan untuk mengadopsi kurikulum ini.

Namun sayangnya, kurikulum ini juga memiliki kelemahan. Dalam kurikulum ini, proses belajar mengajar cenderung satu arah di mana guru menjadi tokoh sentral. Para siswa kurang terbiasa untuk berdiskusi sehingga kurang berani bertanya ataupun mengemukakan pendapat.

Bagi Parent yang ingin memasukkan buah hatinya di sekolah yang mengadopsi Singaporean Primary School Curriculum ini, gunakan fitur Cari Sekolah untuk menemukan sekolah yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat!