• Education
  • Big Ideas

Siswa SMA Santa Laurensia Juarai Genius Olympiad 2017 di Amerika

| Written by Squlio

Samuel Benedict dan Cristopher Richard, siswa kelas 12 IPA di SMA Santa Laurensia, Alam Sutera, Tangerang berhasil mengharumkan nama Indonesia melalui olimpiade sains berskala internasional. Keduanya menyabet medali emas bidang kimia pada Genius Olympiad 2017 yang diselenggarakan di Oswego, Amerika Serikat.

dua pelajar Indonesia berhasil meraih medali emas dalam olimpiade sains Genius Olympiad 2017
©Radar Banten

Melalui serangkaian penelitian yang memakan waktu sekitar 1,5 bulan, kedua siswa berprestasi ini berhasil menemukan zat anti korosi pada besi dan logam yang ternyata bisa ditemukan pada rambut kita.

Ide penelitian ini berawal dari rasa ingin tahu Samuel mengenai kandungan apa saja yang terdapat pada rambut manusia saat melihat limbah rambut dibuang begitu saja di salon. Kemudian, berbekal limbah rambut yang mereka minta dari salon itulah mereka melakukan penelitian terhadap ikatan sulfida (tahan asam) dan zat keratin pada rambut yang ternyata bisa dicampur dalam cat agar anti korosi.

Kebetulan, saat itu Samuel sedang ada tugas sekolah untuk membuat proyek sains. Akhirnya, ia pun menuangkan idenya untuk mengetahui manfaat keratin dari rambut sembari mengerjakan tugas sekolahnya.

Dari berbagai formulasi cat yang dilapisi ke benda berbahan dasar besi, Samuel menemukan campuran cat dengan ekstrak keratin 15% hasilnya lebih baik ketimbang yang tidak ada keratin. Bersama rekannya,Cristopher Richard, Samuel pun melombakan temuan itu ke olimpiade sains tingkat nasional, yang kemudian melaju mulus ke Genius Olympiad 2017 di Amerika Serikat pada 12-17 Juni lalu.

Tak hanya prestasi yang diraih oleh Samuel dan Cristopher, SMA Santa Laurensia Alam Sutra pun memiliki segudang prestasi . Selama tahun 2017 ini saja ada 20 kejuaraan skala nasional dan internasional yang diraih dari berbagai bidang ilmu mulai dari matematika, sains, ice skating, hingga dance.

Menurut pihak sekolah, SMA Santa Laurensia memang selalu menanamkan nilai-nilai kepada para siswanya, agar tidak melupakan apa yang bisa diberikan kepada masyarakat, tidak sekadar berprestasi secara akademik. Untuk mendukung prestasi siswanya, pihak sekolah pun menyediakan fasilitas yang menunjang serta lingkungan belajar yang menyenangkan.

Selamat kepada Samuel dan Cristopher, serta SMA Santa Laurensia Alam Sutra, Tangerang atas prestasinya dalam olimpiade sains bergengsi ini. Semoga bisa menginspirasi generasi muda lainnya, termasuk anak-anak kita ya, Parents.

Sumber: TribunNews