• Family
  • Lifestyle Journal

Ini Dia 9 Taman Hiburan Keluarga di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

| Written by Squlio

Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun ya, Parents. Ini artinya, sebentar lagi akan tiba waktunya liburan. Nah, simak rekomendasi taman hiburan keluarga di Indonesia untuk menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru di bawah ini!

ini dia taman hiburan keluarga yang wajib dikunjungi di Indonesia
©Traveling Yuk

1. Ancol Taman Impian

Taman hiburan keluarga yang sudah sangat populer ini menawarkan banyak wahana lho, Parents. Sebut saja Dunia Fantasi, Sea World, Alive Museum, Ocean Park, Atlantis, dan masih banyak lagi lainnya di Ancol Taman Impian.

2. Trans Studio

Trans Studio yang berlokasi di Bandung dan Makassar ini merupakan taman hiburan indoor terbesar di dunia. Ada puluhan lebih wahana di dalam studio ini, yang terbagi atas 3 zona, yakni Studio Central, Lost City, dan Magic Corner.

3. JungleLand

Berada di kawasan Sentul City, taman hiburan keluarga seluas 35 hektar ini merupakan taman bermain tematik terluas di Indonesia. Ada lebih dari 28 wahana di dalamnya. Menariknya, ada wahana arung jeram yang aman untuk semua anggota keluarga. Ada juga wahana-wahana memancing adrenalin versi anak-anak.

4. Jatim Park

Taman hiburan keluarga yang satu ini terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Jatim Park alias Jawa Timur Park merupakan taman hiburan keluarga yang megah dan berlokasi di lereng gunung yang sejuk, sekitar 20 kilometer dari kota Malang.

Taman hiburan yang satu ini terbagi menjadi Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan satu lagi Jatim Park 3 yang baru akan dibuka akhir bulan ini. Jatim Park 1 menawarkan wahana-wahana yang bertema edukasi atau memacu adrenalin. Sedangkan Jatim Park 2 menawarkan wahana edukatif berkonsep alam. Dan, karena luas dan banyaknya area yang bisa dikunjungi, tidak jarang pengunjung menghabiskan waktu hingga 2 hari di sana.

5. Taman Margasatwa Ragunan

Berdiri sejak tahun 1864 di atas tanas seluas 140 hektar di daerah Ragunan, Jakarta Selatan, Taman Margasatwa Ragunan yang dikenal juga Kebun Binatang Ragunan ini merupakan salah satu taman hiburan keluarga tertua.

Di sini, pada waktu-waktu tertentu, Parents juga bisa mengajak anak-anak untuk memberi makan binatang. Bukan langsung melempar makanan ke dalam kandang, melainkan akan didampingi oleh petugas yang sedang memberi makan binatang. Ini bisa jadi pengalaman seru buah hati Anda.

6. Waterbom Park Bali

Jika Parents berencana untuk menghabiskan akhir tahun di Bali, jangan lupa untuk mampir ke Waterbom Park di daerah Kuta. Taman Air Waterbom Park seluas 3,9 hektar ini disebut-sebut sebagai water park terbaik di Asia lho, Parents!

Di sini tersedia kolam renang untuk bersantai. Ada juga wahana air lainnya seperti water slide berstandar internasional, wahana air lazy river, serta wahana lain yang menantang. Bahkan ada seluncuran air terpanjang di dunia dengan panjang lebih dari 250 meter!

7. Bali Bird Park

Masih di Bali, tepatnya di Gianyar, Parents bisa ajak anak-anak untuk melihat dan mengenal spesies burung dari berbagai belahan dunia. Burung-burung di sana dibiarkan bebas terbang. Area Bali Bird Park memang dibuat seperti habitat asli burung. Selain karena sebagai tempat penangkaran, tujuannya juga agar burung-burung telihat lebih eksotis.

8. Taman Safari Bogor

Sudah pernah mengajak buah hati ke taman safari, Parents? Jika belum, ini saat yang paling tepat. Di Taman Safari Bogor, binatang bebas berkeliaran di alam luas. Dan Anda yang akan ‘dikurung’ di dalam kendaraan. Di area binatang tertentu, Anda bisa mengajak anak-anak untuk memberikan makan binatang.

Ada juga night safari, di mana Anda dan keluarga bisa menikmati Taman Safari Bogor pada malam hari. Kelap kelip lampu akan menambah keseruan liburan anak Anda.

9. Sindu Kusuma Edupark

Liburan ke Yogyakarta? Nah, taman hiburan yang satu ini wajib Parents kunjungi! Sindu Kusuma Edupark yang terletak di daerah Sleman ini memiliki ferris wheel tertinggi di Indonesia. Saat menaikinya, Parents dan anak-anak akan dimanjakan oleh landscape Yogyakarta.

Selain itu, ada juga wahana seperti bianglala, segway, sepeda mabur, sepur kluthuk, dino park, cinema 8D, pit enggrang, trampolin, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, Parents? Taman hiburan keluarga manakah yang akan Parents kunjungi bersama buah hati Anda untuk menghabiskan liburan akhir tahun kali ini?

Sumber: The Asian Parent