• Family
  • Lifestyle Journal

Tips Mengajak Buah Hati Menonton Film di Bioskop

| Written by Squlio

Parents, sudah pernah mengajak buah hati Anda ke bioskop? Jika belum, ada baiknya Anda menyimak penjelasan berikut ini dulu sebelum mengajak anak menonton bioskop.

simak tips mengajak anak menonton bioskop ini dulu
©99 Co

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak anak menonton bioskop. Salah satunya adalah soal usia anak. Sebenarnya kapan usia yang tepat untuk membawa anak menonton film di bioskop memang masih simpang siur. Banyak orang tua yang sudah mulai membawa anak mereka ke bioskop pada usia sekitar 3 atau 4 tahun.

Akan tetapi, menurut psikolog dari Rumah Dandelion, Carmelia Riyadhni, usia yang tepat adalah mulai 6-7 tahun atau usia sekolah. Saat menonton film di bioskop, gambar terlihat sangat besar, suara lebih keras, dan suasana sangat gelap. Nah, anak-anak yang masih balita atau berusia kurang dari 6 tahun umumnya masih lebih sensitif terhadap suara, gambar, dan gelap. Anak bisa terganggu dan merasa tidak nyaman sehingga malah bisa membuat mereka rewel.

Selain itu, menurut psikolog Roslina Verauli, M.Psi, salah satu alasan mengapa balita sebaiknya tidak diajak menonton bioskop dulu adalah karena jam tayang film yang cukup lama. Saat menikmati film yang berdurasi 2 jam, maka dari kacamata anak-anak itu akan terasa seperti 5 jam. Bisa dibayangkan ‘kan Parents bagaimana kalau kita harus duduk diam selama 5 jam?

Tips Menonton Bioskop Bersama Buah Hati

Untuk Anda yang ingin mengajak anak menonton bioskop, coba lakukan tips berikut ini.

Pastikan Kesiapan Anak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa anak-anak di bawah usia 6 tahun umumnya masih sensitif terhadap suara dan kegelapan. Maka dari itu, ada baiknya jika buah hati Anda masih belum terbiasa dengan suara keras dan suasana gelap, tidak diajak menonton bioskop dulu. Tunggulah sampai ia siap terhadap hal tersebut. Dan jika ini akan menjadi pertama kalinya Anda mengajak buah hati ke bioskop, tidak ada salahnya menyiapkan penutup telinga untuk meredam suara selama film berlangsung.

Persiapkan dengan Matang

Karena umumnya anak-anak memiliki mood yang baik di awal hari, maka Parents bisa merencanakan untuk menonton pada jadwal pertama bioskop. Sebelumnya, pastikan buah hati Anda mendapatkan tidur yang cukup di malam harinya. Dan jangan lupa, bawakan snack dan minuman kesukaan buah hati Anda.

Pilih Film yang Sesuai

Selain memilih film yang disukainya, ada hal penting lainnya yang harus Parents perhatikan saat memilih film apa yang akan Anda tonton bersama buah hati. Pastikan film yang Anda pilih adalah film yang ramah anak. Biasanya film animasi lebih menarik untuk anak-anak.

Dilansir dari TheAsianParent, salah satu cara untuk memastikan film ‘aman’ untuk buah hati Anda adalah dengan mencari ulasan atau review tentang film tersebut. Ada satu situs yang dapat membantu Anda memutuskan film yang baik atau tidak untuk ditonton anak, yakni www.kids-in-mind.com. Situs ini berisi ulasan film dalam beberapa kategori berdasarkan adegan, yaitu:

  • sex and nudity (seks dan adegan telanjang)
  • violence and gore (kekerasan dan adegan berdarah-darah)
  • profanity (carut marut atau kata-kata kotor)

Ketiga kategori ini bisa langsung diketahui dari angka yang tertera di samping kanan judul film. Angka-angka tersebut merupakan skala (1-10) rating film berdasarkan tiga kategori tersebut.Misalkan di samping judul film tertera angka 3.3.2. Artinya para pengulas memberi skala 3 untuk adegan yang termasuk sex/nudity dan kekerasan, serta skala 2 untuk adegan dengan carut marut atau kata-kata kotor.

Pertimbangkan Durasi Film

Film yang terlalu panjang dengan alur yang lambat bisa membuat anak bosan dan menjadi rewel. Untuk itu, Parents juga wajib mencari tahu mengenai durasi film yang akan Anda pilih terlebih dahulu ya. Berkaitan dengan poin sebelumnya, akan lebih baik jika Parents memilih film yang disukainya agar anak betah menontonnya sampai selesai.

Perhatikan Keinginan dan Kebutuhan Anak

Tak jarang orang tua memaksa anak untuk tetap tinggal dan melanjutkan menonton film sampai habis padahal anak sudah mulai bosan dan merengek meminta keluar. Jika ini terjadi pada buah hati Anda, maka ikuti saja kemauannya. Jangan merasa rugi karena sudah membayar tiket bioskop. Anak yang dipaksa menonton hingga gelisah bahkan menangis dan menjerit-jerit justru akan sulit diajak menonton bioskop untuk kedua kalinya karena mereka mengalami trauma. Bahkan, terkadang dengan mengajak anak keluar dari teater dan duduk sejenak di lobi bisa menenangkannya, dan membuatnya mau masuk lagi ke dalam teater.

Menikmati film di bioskop memang menyenangkan, hanya saja saat harus mengajak anak menonton bioskop, Parents harus pandai-pandai menyiasatinya. Selamat mencoba tips di atas dan semoga berhasil!