• Parenting
  • Toddler Phase
  • Childhood Stage
  • Teenage Year
  • Special Needs

Ini Dia Tren Parenting yang Bakal Populer di Tahun 2018

| Written by Squlio

Hello Parents, kira-kira tren parenting apa ya yang bakal populer di tahun 2018 ini? Simak di sini yuk!

simak tren parenting yang akan populer di tahun 2018 ini
©ETF

Mudahnya mengakses informasi melalui kemajuan teknologi saat ini membuat para orang tua milenial saat ini semakin gencar dalam menggali wawasan seputar cara mengasuh anak. Sekarang ini orang tua semakin kritis dan selektif dalam menerima informasi seputar pola asuh anak alias parenting.

Para orang tua pun melakukan survei dan perbandingan untuk menemukan pola terbaik dalam mengasuh buah hatinya. Kenapa? Karena berbeda dengan orang tua zaman dahulu, orang tua masa kini lebih memahami bahwa setiap anak diciptakan dengan keunikan dan keistimewaan masing-masing, sehingga tidak bisa disamakan antara satu anak dengan anak lainnya. Itulah sebabnya, orang tua pun tak lagi mengasuh anaknya hanya berdasarkan “kata orang” atau kebiasaan orang tua mereka dulu.

Semua hal ini pun menciptakan adanya tren-tren tertentu dalam mengasuh anak yang bersifat dinamis, selalu berubah dari waktu ke waktu. Nah, apa saja ya tren parenting yang diprediksi akan populer di tahun 2018 ini?

1. Paternity Leave

Mulai tahun 2017 lalu, beberapa perusahaan besar seperti Apple, Google, dan Facebook telah memberlakukan kebijakan paid paternity leave atau cuti melahirkan untuk ayah hingga 17 minggu. Sedangkan beberapa perusahaan di Amerika Serikat lainnya memberikan cuti selama 6 minggu.

Tren ini diprediksi akan semakin marak mengingat berbagai penelitian menunjukkan bahwa usia 0 – 6 bulan adalah masa terbaik pertumbuhan dan bonding time antara bayi dan kedua orang tuanya. Selain itu, masa-masa awal kelahiran buah hati adalah momen yang tidak bisa terulang bagi seorang ayah. Setuju, Dads?

2. Nuansa Netral

Bicara soal mainan, dekorasi kamar, fashion, dan aksesori anak, di tahun 2018 ini diprediksi akan semakin banyak brand yang meluncurkan koleksi unisex. Akan semakin banyak mainan yang bisa dimainkan baik oleh anak laki-laki maupun perempuan.

Dekorasi kamar, fashion, dan aksesoris anak pun demikian. Warna-warna yang dipilih pun tak lagi sebatas biru untuk anak laki-laki dan pink untuk anak perempuan. Warna-warna netral seperti cokelat, putih, abu-abu, dan lainnya bakal semakin diminati.

3. Nama-nama Lokal

Belakangan ini para orang tua di luar negeri memberikan nama anak-anak mereka dengan royal baby names. Hal serupa pun dilakukan oleh para orang tua di Indonesia. Nama-nama bayi di Indonesia kini banyak terinspirasi dari nama-nama lokal, seperti nama pulau eksotis hingga nama kerajaan kuno yang unik.

4. Traveling untuk Anak

Seiring dengan meningkatnya minat para orang tua milenial untuk ber-traveling ria, maka salah satu tren yang bakal sering kita jumpai di 2018 ini adalah semakin banyaknya destinasi wisata yang kids friendly. Jadi, Parent tidak perlu ragu lagi untuk mengajak buah hati berlibur bersama.

5. Akun Media Sosial Khusus Anak

Di era digital sekarang ini, media sosial sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan kita, bahkan bagi anak-anak sekalipun. Dan, meski menuai pro dan kontra, akun-akun media sosial atas nama anak yang baru dilahirkan pun akan semakin banyak kita temui. Umumnya, orang tua membuat akun tersebut sebagai media dokumentasi sejak anak baru lahir hingga tumbuh besar.

6. Safety Apps untuk Anak

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini orang tua akan semakin banyak membutuhkan sarana untuk melakukan pengawasan secara digital terhadap buah hatinya. Untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut, di tahun 2018 ini akan makin banyak berkembang aplikasi untuk memastikan keamanan anak, mulai dari GPS search location hingga aplikasi yang memungkinkan anak-anak untuk menggunakan internet dengan aman.

Bagaimana dengan Anda, Parents? Tren parenting manakah yang kira-kira akan Anda ikuti di tahun 2018 ini?