• Family
  • Inspirations

Yuma Soerianto, Peserta Termuda Apple Worldwide Developer Conference 2017

| Written by Squlio

Seorang anak laki-laki berusia 10 tahun ini mampu membuat aplikasi hanya dalam hitungan jam. Bahkan, aplikasi tersebut berhasil membuay CEO Apple, Tim Cook, berdecak kagum. Nah, daripada penasaran, yuk berkenalan dengan Yuma Soerianto, Parents.

kisah inspiratif dari Yuma Soerianto yang masih berusia 10 tahun
©ABC

Memiliki buah hati dengan segudang prestasi tentu sangat membanggakan kita sebagai orang tua. Namun, ada yang lebih membanggakan lagi bagi orang tua, yaitu ketika anak-anak kita melalui prestasinya, berusaha untuk memberikan kebahagiaan untuk kita. Mungkin hal itulah yang dirasakan oleh orang tua Yuma Soerianto yang berasal dari Indonesia dan kini berdomisili di Australia ini.

Awalnya, Yuma bersama sang ayah berangkat dari Australia menuju Amerika Serikat untuk menghadiri Worldwide Developers Conference (WWDC) pada pertengahan 2017 silam. Nah, di dalam pesawat, dalam perjalanan menuju Amerika, Yuma membuat sebuah aplikasi untuk membantu orang tuanya menentukan harga sebuah barang. Harga ini sudah termasuk harga sesuai penjual lokal dan pajak, serta disajikan dalam bentuk yang sudah dikonversi ke mata uang yang digunakan. Menurut siswa Middle Park Primary School, Melborne, Australia ini, aplikasi ini akan berguna ketika mereka pergi berbelanja suvenir untuk oleh-oleh dari perjalanan mereka.

Setibanya di Amerika Serikat, di mana WWDC diselenggarakan setiap tahun oleh perusahaan teknologi raksasa Apple dan menjadi ajang berkumpul mereka yang berkecimpung para pembuat aplikasi, aplikasi Yuma tersebut berhasil menarik perhatian pimpinan tertinggi Apple, Tim Cook.

Tim Cook tertarik dengan aplikasi yang dibuat Yuma dan melontarkan komentar “Keren sekali, hebat!” ketika Yuma mendemonstrasikan aplikasi yang dibuatnya dalam hitungan jam tersebut. Menurut Peter Wells, jurnalis Sydney Morning Herald, Yuma adalah pengembang aplikasi termuda yang hadir dalam WWDC 2017.

Yuma sebenarnya sudah mulai menyukai coding sejak usia 6 tahun karena menurutnya pekerjaan rumah (PR) dari sekolah kurang menantang. Dari hasil belajarnya, Yuma pun berhasil menciptakan aplikasi pertamanya tahun lalu dan saat ini sudah memiliki 5 aplikasi yang dipajang di App Store. Kelima aplikasi buatan Yuma yang ada di App Store saat ini adalah Let’s Stack, Hunger Button, Kid Calculator, Weather Duck, dan Pocket Poke. Wow, keren ya?

Semoga prestasi Yuma Soerianto tersebut bisa menjadi inspirasi untuk anak-anak Indonesia, termasuk buah hati kita ya, Parents!